iklan zonasultra

Guru SMPN 5 Kendari Manfaatkan Zoho Forms dan Google Forms untuk Belajar Daring

Guru SMPN 5 Kendari Manfaatkan Zoho Forms dan Google Forms untuk Belajar Daring
PELATIHAN - Seluruh guru SMPN 5 Kendari mengikuti pelatihan penggunaan Zoho Forms dan Google Forms untuk mendukung aktivitas belajar secara daring di tengah pandemi Covid-19. Kepala SMPN 5 Kendari, Muhammad Nurdin mengatakan pelatihan seperti ini sangat dibutuhkan para guru. (Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Seluruh guru SMPN 5 Kendari mengikuti pelatihan penggunaan Zoho Forms dan Google Forms untuk mendukung aktivitas belajar secara daring di tengah pandemi Covid-19. Kepala SMPN 5 Kendari, Muhammad Nurdin mengatakan pelatihan seperti ini sangat dibutuhkan para guru.

“Ini tentu saja sangat membantu guru-guru kami terutama untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” kata Nurdin saat ditemui saat pelatihan, Senin (2/11/2020).

Nurdin mengungkapkan selama ini sekolahnya melaksanakan proses pembelajaran dengan kombinasi daring dan luring. Hal ini dilakukan karena ada beberapa metode pembelajaran yang tidak bisa dilakukan secara daring.

Dengan memanfaatkan Zoho Forms dan Google Forms, seluruh metode pembelajaran bisa berlangsung secara daring.

Sementara itu, Salah seorang pemateri La Ndia menjelaskan kedua aplikasi ini saling melengkapi. Dimana diatur yang tidak terdapat pada Zoho Forms ada pada Google Forms, dan sebaliknya. Sehingga, para guru tidak perlu lagi bertatap muka langsung dengan para siswa.

“Jadi yang diajarkan hari ini tentang bagaimana mereka membuat soal, karena selama ini kan mereka kesulitan membuat soal. Nah dengan ini mereka bisa akses masing-masing,” jelas La Ndia.

Begitu pula dengan absen yang dapat langsung tanda tangan melalui aplikasi. Pemateri yang juga merupakan Dosen pada UHO ini menambahkan untuk pembuatan soal sendiri, para guru sudah bisa memasukan gambar jika ada soal yang memerlukan gambar.

Hal ini tentu saja sangat memudahkan para guru untuk mengajar di tengah pandemi. Terakhir ia berharap agar para guru bisa mengikuti pelatihan dengan baik sehingga bisa benar-benar memahami bagaimana cara menggunakan kedua aplikasi tersebut. (b)

 


Kontributor: Sri Rahayu
Editor: Rizki Arifiani

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib