iklan zonasultra

H-1 Lebaran, Terminal Puwatu Sepi Pemudik

H-1 Lebaran, Terminal Puwatu Sepi Pemudik
TERMINAL PUWATU - Satu hari menjelang hari raya idul fitri terminal puwatu nampak sepi dari penumpang yang akan mudik. Bahkan di terminal tersebut hanya tampak dua unit kendaraan angkuran umum saja yang sedang menunggu penumpang. (M Rasman Saputra/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Satu hari menjelang Hari Raya Idul Fitri, Kamis (14/6/2018), Terminal Puwatu Kota Kendari terpantau sepi. Hanya tampak dua mobil angkutan umum yang parkir di terminal tersebut.

Kepala Bidang Darat Dinas Perhubungan Kota Kendari Agus Sutarto mengatakan, Terminal Puwatu sejak tiga hari yang lalu memang sepi dan tidak ada lonjakan penumpang.

Hal ini disebabkan masyarakat yang mudik dengan melintasi jalur terminal Puwatu ini cenderung menggunakan kendaraan pribadi atau dengan merental kendaraan.

“Kemarin dulu saya lihat memang ada penumpukan penumpang tetapi jumlahnya tidak signifikan. Ini pun kalau kita presentasikan sama sekali tidak ada lonjakan,” kata Agus di Terminal Puwatu, Kamis (14/6/2018).

Agus menuturkan, jalur mudik yang melintas di Ferminal Puwatu memang ada lima kabupaten, yakni Kabupaten Konawe, Konawe Utara, Kolaka Timur, Kolaka, dan Kolaka Utara.

(Baca Juga : H-1 Lebaran, Ini Pantauan SAR Kendari di Seluruh Pelabuhan dan Bandara se-Sultra)

Namun pemudik dengan tujuan lima kabupaten tersebut kebanyakan menggunakan kendaraan pribadi ketimbang menggunakan jasa angkutan umum.

Safri, salah seorang sopir angkutan Kendari – Kolaka mengakui sudah tiga tahun ini jumlah penumpang saat lebaran mengalami penurunan. Lazimnya mereka mendapatkan peningkatan pendapatan hingga 70 persen dari hari biasa, sekarang ini tinggal 10 sampai 30 persen saja.

“Masyarakat sudah jarang menggunakan angkutan umum. Mereka lebih memilih merental kendaraan. Selain itu juga banyaknya mobil plat hitam yang mengambil penumpang menjadi salah satu penyebabnya,” tuturnya. (B)

 


Reporter : M Rasman Saputra
Editor : Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib