iklan zonasultra

H-1 Pilgub Sultra, Panwaslu Wakatobi Tertibkan Seribu APK

Ilustrasi Pilgub Sultra
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, WANGI-WANGI – Satu hari menjelang pemungutan suara (H-1) Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tenggara di kabupaten Wakatobi, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) setempat menertibkan seribuan Alat Peraga Kampanye (APK) Pasangan Calon (Paslon).

Ketua Panwaslu Kabupaten Wakatobi La Ode Muh Arifin mengatakan, penertiban APK itu dilakukan oleh jajarannya, mulai dari tingkat kabupaten hingga Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di seluruh kabupaten Wakatobi.

Ketua Panwaslu Kabupaten Wakatobi La Ode Muh Arifin
La Ode Muh Arifin

“Jumlahnya sekitar seribuan untuk seluruh kabupaten Wakatobi,” kata La Ode Muh Arifin saat ditemui di kantornya, Kelurahan Mandati II, lingkungan Endapo, Kecamatan Wangiwangi Selatan (Wangsel), Selasa (26/6/2018).

Dia menyebutkan, penertiban APK itu berlaku menyeluruh di kabupaten Wakatobi, mulai dari lingkar kota pula Wangiwangi, Kahedupa, Tomia hingga Binongko.

“Identifikasi proses itu juga sudah dilaporkan,” tambahnya.

APK yang ditertibkan itu termasuk APK produksinya Komisi Pemilihan Umum (KPU) seperti baliho, umbul-umbul, spanduk ataupun stiker yang dibuat oleh Paslon. Semua tak luput dari penertiban.

(Baca Juga : Begini Cara Panwaslu Wakatobi Cegah Politik Uang)

“Penertiban APK ini dilakukan sampai satu hari sebelum hari H (Pemilihan) sampai tanggal 26. Dalam prosesnya ini kan idealnya kami itu hanya memastikan. Jadi yang menginstruksikan untuk menertibkan seharusnya itu adalah pasangan calon yang memasang itu,”ujarnya.

Terkait hal ini, pihaknya telah menyurati Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wakatobi dan itu juga sudah ditindaklanjuti untuk disampaikan ke Paslon yang bersangkutan. Namun, karena himbauan itu tidak ditanggapi oleh para Paslon hingga tanggal 25 Juni, maka Panwaslu bersiniatif menertibkannya.

Arifin menjelaskan, proses penertiban APK para Paslon itu dilakukan bersama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemda Wakatobi. Penertiban itu saat ini sudah mencapai 90 persen.

“Masih ada beberapa juga di dalam kota yang bukan di jalan lingkar kota, itu yang menjadi fokus untuk kita tuntaskan hari ini semuanya,” tandasnya. (B)

 


Reporter : Nova Ely Surya
Editor : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib