iklan zonasultra

H-4 Lebaran, Jumlah Penumpang Naik 20 Persen Dibanding Tahun 2017

H-4 Lebaran, Jumlah Penumpang Naik 20 Persen Dibanding Tahun 2017
MUDIK 2018- Suasana saat penumpang Express Cantika 168 hendak naik ke kapal dengan bantuan tim dari KSOP Kendari, Senin (11/6/2018). (ILHAM SURAHMIN/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Empat hari menjelang lebaran Idul Fitri, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kendari mencatat jumlah pemudik sudah mencapai angka 15.732 penumpang.

Dibanding tahun 2017 lalu, H-4 lebaran Idul Fitri jumlah penumpang yang berangkat mencapai 13.025 orang, sehingga bisa dikatakan terjadi kenaikan sekitar 2.707 penumpang atau 20 persen.

Menurut Kepala KSOP Kendari Israyadi, kenaikan ini karena banyak pendatang dari Muna dan Buton datang ke Kendari untuk bekerja, kemudian jumlah mahasiswa yang terus meningkat setiap tahun, pertumbuhan penduduk serta bertepatan dengan penerimaan mahasiswa baru di sejumlah universitas negeri ataupun swasta di Kota Kendari.

Berdasarkan data rekapan jumlah penumpang yang berangkat dari KSOP Kendari, lonjakan penumpang mulai terjadi pada H-9 dengan jumlah penumpang 1.134 orang, kemudian H-8 jumlah penumpang naik menjadi 1.213 orang, H-7 naik lagi menjadi 1.601 orang, H-6 menjadi jumlah terbanyak 2.856 orang.

Selanjutnya angka ini menurun pada H-5 menjadi 2.589 orang dan H-4 tepatnya Senin (11/6/2018) kemarin angka pun menurun menjadi 2.139 orang.

Penumpang yang dicatat pihaknya ini merupakan pemudik melalui terminal Nusantara Kendari, Pangkalan Perahu dan Terminal Penyeberangan.

“Jumlah penumpang kita didominasi tujuan Raha 60-70 persen, sisanya terbagi ada Baubau, Wanci, Wawonii, Buton dan Menui,” ungkap Israyadi saat ditemui di Pangkalan Perahu, Senin (11/6/2018).

Ia pun menegaskan hingga H-4 belum terjadi kepadatan atau penumpukan penumpang di setiap terminal penyebrangan yang ada di Kota Kendari. Hal tersebut menggambarkan jika pelaksanaan mudik lebaran tahun ini telah berjalan lancar dan maksimal.

Apalagi pihak KSOP Kendari telah menyiagakan 32 kapal untuk mengangkut pemudik tahun ini. Sehingga para penumpang tidak perlu takut ketinggalan kapal saat hendak mudik.

Ada dua penyedia layanan jasa transportasi laut yang beroperasi di Kota Kendari yakni PT Darma yang menyediakan kapal cepat sebanyak 5 unit dan PT Aksar Putra yang menyediakan 7 unit kapal di Pangkalan Perahu serta ASDP 1 Fery KM Semumu pada pelabuhan penyeberangan Kendari-Langara, ditambah dengan kapal milik Pelni yang resmi beroperasi hari ini KFC Jetliner.

Adapun rute yang dilayani tiga terminal umum penyeberangan tersebut yakni Kendari-Raha, Kendari-Baubau, Kendari-Wanci, Kendari-Wawonii, Kendari-Menui, Kendari-Wadeburi, Kendari-Salabangka, dan rute lokal lainnya.

Pihak KSOP Kendari pun berharap pelaksanaan mudik tahun ini dapat berjalan lancar dan maksimal hingga H+15 Idul Fitri atau arus balik dengan menyiagakan dua kapal patroli yang bertugas dalam tiga shift pagi, siang dan malam. (B)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib