iklan zonasultra

Haerul Saleh Optimis Prabowo Kuasai Debat Terakhir

Haerul Saleh
Haerul Saleh

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Anggota DPR RI asal Sulawesi Tenggara (Sultra) Haerul Saleh, optimis calon presiden Prabowo Subianto akan menguasai materi debat pemilihan presiden (pilpres).

Debat kelima Pilpres 2019 akan digelar di The Sultan Hotel, Jakarta Pusat, 13 April 2019, dengan mengangkat tema Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, Keuangan, dan Investasi, serta Perdagangan dan Industri

“Kalau kita lihat masalah ekonomi dan investasi saya yakin Pak Prabowo menguasai masalah ini, dan debat yang terakhir nanti akan memberikan dampak positif pada elektabilitas Pak Prabowo,” kata Haerul Saleh saat dikonfirmasi awak Zonasultra.com, Jumat (12/4/2019).

Haerul yakin debat terakhir ini akan meneguhkan para pemilih Prabowo-Sandi dan pemilih yang belum menetapkan pilihannya atau swings voter. Politisi Gerindra ini yakin Prabowo tidak akan kalah dengan Jokowi dalam debat terkait keberhasilan investasi capres petahani saat ini.

“Investasi di mana? Kalau dibilang berhasil atau tidak, sebenernya investasi yang sudah masuk itu tidak bisa dinafikan bahwa itu memberi manfaat. Hanya saja ruhnya investasi itu harus memberikan nilai tambah yang besar,” lanjut Haerul.

Menurutnya, investasi harus dapat mengurangi pengangguran. Namun faktanya, lanjut Haerul, banyaknya investasi yang masuk ke Indonesia tidak menurunkan jumlah pengangguran yang signifikan. Hal itu disebabkan karena investasi yang masuk dibarengi tenaga kerja asing yang juga masuk bersama investasi tersebut. Selain itu, Haerul mengatakan bahwa investasi seharusnya memberikan nilai tambah terhadap pemanfaatan sumber daya bahan baku negara.

“Data impor semen kita itu jauh lebih besar, sementara kita memiliki sumber daya itu. Nah kalau investasi yang benar harusnya memanfaatkan sumber daya di negara kita,” pungkas anggota Komisi XI DPR RI ini.

Debat kelima Pilpres 2019 akan menjadi debat terakhir sebelum hari pencoblosan, Rabu (17/4/ 2019). Berbeda dari debat keempat, debat kelima Pilpres 2019 akan diikuti kedua calon presiden dan calon wakil presiden. Debat pilpres ini akan ditayangkan oleh 4 stasiun TV yaitu TVOne, ANTV, Berita Satu, dan Net TV.

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) menyatakan persiapan debat ke lima ini berjalan lancar. Persiapan teknis memastikan proses penyelenggaraan debat lebih siap dan lebih baik.

“Persiapan debat, Alhamdulillah seluruh tahapan teknis berjalan dengan lancar. Tentunya ini debat terakhir, KPU sudah menyelenggarakan 4 kali, kebetulan tempatnya juga sama di hotel Sultan untuk yang ketiga kali,” kata Viryan Azis.

Pihaknya menuturkan bahwa tamu undangan ditambah menjadi 150 orang, namun dengan pengaturan yang lebih baik lagi. Viryan berharap debat terakhir ini menjadi debat pamungkas dengan suasana riang gembira. Pasangan capres dan cawapres dapat mengoptimalkan wktu debat menyampaikan visi misi program.

“Pemilih kami harapkan dapat menonton di rumah masing masing atau lewat media yang lain. Ini bisa menjadi bagian dari pertimbangan pemilih untuk menentukan pilihannya di tanggal 17 nanti,” imbuhnya.

Di akhir acara debat, KPU mengupayakan ada doa bersama, jelang hari tenang dan hari pemilihan.(a)

 


Reporter: Rizki Arifiani
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib