Hanura Utamakan Usung Kader Maju di Pilkada Serentak 2020

139
Wakil Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Hanura Benny Pasaribu
Benny Pasaribu

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Partai Hanura akan mengutamakan kader untuk dimajukan pada Pilkada serentak tahun 2020 mendatang, termasuk Pilkada di 7 daerah di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pernyataan itu diungkapkan Wakil Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Hanura Benny Pasaribu disela-sela Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) Partai Hanura Sultra, di salah satu hotel di Kendari, Senin (14/10/2019).

Namun kader yang diusung, kata Benny, adalah kader yang mampu melayani kepentingan masyarakat.

“Kita harus objektif ya kita utamakan kader. Saya yakin banyak kader-kader kita yang siap untuk menjadi kandidat baik untuk 01 maupun 02 di Pilkada ini,” ujar Benny.

Dikatakan, meski mengutamakan kader jika ingin maju, tetapi juga tetap membuka peluang mengusung bakal calon (balon) kepala daerah (kada) di luar kader. Mengingat Hanura memiliki opsi berkolaborasi dengan partai lain dalam mengusung balon kada di Pilkada serentak 2020 mendatang.

(Baca Juga : WON Tegaskan Hanura Sultra Kompak Dukung OSO)

“Hanura cukup memiliki modal awal, seperti di DPRD Muna mempunyai 5 kursi dan untuk mengusung balon bupati dan wakil bupati membutuhkan 6 kursi. Artinya Hanura membutuhkan 1 kursi lagi dan itu memang harus membutuhkan koalisi,” ungkapnya.

Di tempat yang sama Ketua DPD Hanura Sultra Wa Ode Nurhayati mengatakan, 7 daerah yang menyelenggarakan Pilkada di Sultra, Hanura hanya memiliki kursi di empat daerah yakni, Muna 5 kursi, Wakatobi 2 kursi, Konawe Selatan 2 kursi, dan Konawe Utara 1 kursi. Sementara untuk di Konawe Kepulauan, Buton Utara dan Kolaka Timur, Hanura tidak memiliki kursi. Maka dari itu, jika ada kader partai lain yang ingin menggunakan Hanura sebagai kendaraan politik harus membawa koalisi.

“Di Muna misalnya, ada balon kada yang ingin menggunakan Hanura harus bawa koalisi, karena Hanura tidak bisa mengusung langsung, harus butuh lagi 1 kursi. Saya tegas kalau soal itu apapun teorinya, tapi kalau datang bawa koalisi, kemudian minta kader Hanura untuk menemani, kita dengan senang hati menemani,” kata wanita yang lebih dikenal dengan akronim WON ini.

(Baca Juga : Zahrir Baitul Diganti, DPP Hanura Tunjuk Saemuna Pimpin DPRD Muna)

WON menambahkan, sejauh ini kader Hanura siap mengisi Pilkada Muna, termasuk Wakatobi, Konawe Selatan (Konsel), dan Buton Utara (Butur). Kata dia, di Wakatobi balon kada Haliana sudah melakukan komunikasi dengan Hanura agar bisa bersama-sama, hanya saja pihaknya menunggu arahan DPP terkait hal itu.
Kemudian di Konsel, Surunuddin dan balon kada lain juga sudah membangun komunikasi.

Sementara terkait penjaringan balon kada, WON mengatakan, Hanura tetap akan melaksanakan penjaringan kandidat yang akan dilakukan dalam waktu dekat. Penjaringan akan dilakukan di empat daerah yang memiliki kursi yakni Muna, Wakatobi, Konsel, dan Konawe Utara.

“Penjaringan belum ada, masih fokus konsolidasi internal persiapan musyawarah nasional agar dipercepat,” ungkapnya. (a)

 


Kontributor: Ramadhan Hafid
Editor : Kiki

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini