iklan zonasultra

Hanya SMPN 2 Raha Siap Laksanakan UNBK

Plt Dikbud Muna Ashar Dulu
Ashar Dulu

ZONASULTRA.COM, RAHA – Dari delapan Sekolah Menengah Pertama (SMP) terbesar yang ada di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra), baru SMPN 2 Raha yang kembali siap melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di tahun 2018 ini.

“Dari delapan SMP yang siap laksanakan UNBK itu yakni SMPN 1 Raha, SMPN 2 Raha, SMPN 3 Raha, SMPN 4 Raha, SMPN 5 Raha, SMPN 1 Napabalano, SMPN 1 Kabawo, dan SMPN 1 Tongkuno. Tetapi yang diputuskan setelah diverifikasi hanya SMPN 2 Raha,” kata Plt Dikbud Muna Ashar Dulu saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (21/2/2018).

Kata Ashar, mengapa SMPN 2 Raha yang diputuskan bisa melaksanakan UNBK ini. Menurutnya, karena di dalam UNBK ini dibutuhkan satu kali, sementara yang ikut ujian ini satu kali 300 siswa.

“Jadi rata-rata sekolah yang tidak lolos itu, siswanya tidak sebanding dengan jumlah komputer. Sementara komputer yang ada cuman untuk pelajaran hari-hari,” tuturnya.

Ashar Dulu yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dikbud Muna menambahkan, diputuskan SMPN 2 Raha bisa melaksanakan UNBK tahun ini karena memiliki dua laboratorium komputer. Akan tetapi pada saat pelaksanaan UNBK nanti akan digandengkan dengan SMAN 1 Raha seperti yang terjadi pada pelaksanaan UNBK tahun 2017 yang lalu.

“Apalagi sekarang SMAN 1 Raha sudah menambah satu ruangan laboratorium komputernya, yang tahun lalu cuman satu ruangan saja,” ucapnya.

Untuk pelaksanaan UNBK nantinya itu, akan dilaksanakan seperti tahun sebelumnya dengan membagi setiap harinya dengan tiga sesi yakni pagi, siang hingga sore hari.

Terkait dengan hal-hal yang tidak diinginkan seperti pemadaman lampu, pihaknya akan melakukan kerja sama kepada pihak PLN seperti yang dilakukan tahun 2017 yang lalu.

“Tahun lalu kita sudah kerja sama dengan pihak PLN dan tahun 2018 ini juga begitu. Jadi pada saat pelaksanaan UNBK hari ini sampai selesai ujian tidak boleh ada pemandaman lampu,” tukasnya.(B)

 


Reporter : Kasman
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib