Tampilan Desktop



Harga Sembako di Buton Stabil, Bawang Putih Mengalami Kenaikan
43 Dibaca

Harga Sembako di Buton Stabil, Bawang Putih Mengalami KenaikanSIDAK – Nampak Kepala Dinas (Kadis) Perdagangan Buton Mustamlin Daly, Kasat Reskrim Polres Buton Iptu Hasanuddin, Kabag Ops Polres Buton Kompol Baharuddin Mana, dan salah satu pedagang Rasyid Manggura, saat berdiskusi terkait harga sembako. (Nanang/Zonasultra.com)

 

ZONASULTRA.COM, PASARWAJO – Pemerintah Kabupaten Buton melalui Dinas Perdagangan Buton bersama Kepolisian Resort (Polres) Buton, saat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di pasar tradisional Kaloko dan Sabho.

Dari hasil sidak tersebut diketahui harga sejumlah Sembilan Bahan Pokok (Sembako) bervariasi. Dari pengakuan salah satu pedagang, Rasyid Mangura, mengatakan harga Telur Ayam Ras mengalami kenaikan hingga Rp 45 ribu, dimana sebelumnya Rp 40 ribu per rak. Sedangkan Gula Pasir harga sebelumnya Rp 13 ribu per kilo, naik menjadi Rp 15 ribu per kilo.

“Yang pasti sejauh ini, harga Sembako bervariasi, ada yang naik, ada juga yang masih stabil,” ucap Rasyid saat awak media Zonasultra.com mewawancarainya, Selasa (23/5/2017).

Hal yang sama juga diungkapkan Parno, pedagang Pasar Kaloko. Ia mengatakan, harga Gula Pasir per kilo masih stabil yaitu sebesar Rp 13 – 14 ribu per kilo sedangkan Minyak goreng naik menjadi Rp 35 ribu per botol isi Dua liter di mana sebelumnya Rp 30 ribu per botol.

“Telur ayam juga mengalami sedikit kenaikan, dimana sebelumnya Rp 40 ribu per rak, kini menjadi Rp 45 – 46 ribu per rak,” katanya.

La Pidu, pedagang Pasar Kaloko mengatakan, harga Bawang Merah saat ini masih stabil Rp 18 ribu per liter, sedangkan harga Bawang Putih yang mengalami kenaikan harga secara signifikan yaitu Rp 48 ribu per kilo dari harga sebelumnya Rp 38 ribu per kilo.

“Untuk beras sendiri, tidak mengalami kenaikan (stabil), mau itu beras merah maupun beras putih sebesar Rp 16 – 17 ribu per liter,” ujarnya.

Ditemui di lokasi pasar, Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Buton, Mustamlin Daly mengatakan, harga sembako secara keseluruhan masih stabil, walaupun ada kenaikan sedikit. Hanya saja bawang putih yang mengalami kenaikan secara signifikan.

Lanjut kata dia, dari hasil pemantauan yang dilakukannya di dua pasar tradisional tadi, harga sembako seperti gula pasir, telur ayam, dan minyak goreng mengalami sedikit kenaikan tapi masih bisa dijangkau.

Lanjut Mustamlin, seperti beras putih dan merah, bawang merah dan kacang tanah tidak mengalami kenaikan, hanya saja bawang putih mengalami kenaikan.

Sidak ini bertujuan untuk memantau kondisi harga di Pasar menjelang Bulan Suci Ramadhan 1438 Hijjriyah. Sehingga jika ditemukan ada barang yang mengalami kenaikan, maka itu akan di carikan solusinya, agar konsumen tidak terlalu mencekik

“Pemantauan (sidak) ini rutin kita lakukan setiap tahunnya, apalagi khususnya menjelang Bulan Puasa,” ucapnya.

“Yang pastinya, mulai sekarang sampai lebaran, setiap hari kita akan lakukan turun kelapangan (pasar),”tandasnya.

Tim sidak gabungan antara Polres Buton yang diwakili Kasatreskrim, Iptu Hasanuddin, Kabag Ops, Baharuddin Mana, dan Kaur Reskrim, Aiptu La Budu serta sejumlah anggota lainnya dan Dinas Perdagangan Buton. (B)

 

Reporter : Nanang
Editor : Kiki

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com