iklan zonasultra

Harga Tiket Citilink Kendari-Makassar Masih Mahal, Lion Air Mulai Bersahabat

Harga Tiket Citilink Kendari-Makassar Masih Mahal, Lion Air Mulai Bersahabat
Pantauan harga tiket Lion Air di situs penjualan tiket online traveloka.com

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Meski pemerintah telah mewajibkan maskapai low cost carrier (LCC) yakni Citilink dan Lion Air untuk menerapkan tarif 50 persen lebih murah dari tarif batas atas (TBA) per tanggal 11 Juli 2019 kemarin, harga tiket pesawat Citilink Kendari tujuan Makassar dan Jakarta masih mahal, sedangkan Lion Air harganya mulai bersahabat.

Dalam aturan ini, maskapai penerbangan diminta menurukan harga tiket setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu untuk jadwal penerbangan pukul 10.00 hingga 14.00 waktu setempat dengan kuota penjualan seat 30 persen. Sehingga, tak semua seat akan dijual dengan harga potongan 50 persen dari TBA.

Pantaun zonasultra.com di sejumlah situs penjualan tiket online seperti tiket.com dan traveloka.com harga tiket pesawat Kendari tujuan Makassar masih berkisar Rp590 ribu untuk Lion Air dan Rp726 ribu untuk Citilink dengan jadwal penerbangan Sabtu, 13 Juli 2019 pada pukul 09.20 Wita dan 10.20 Wita. Harga ini pun tak jauh berbeda dengan penerbangan pada pukul 19.50 Wita.

iklan zonasultra

Baca Juga : Tiket Pesawat Mahal, Pelindo IV Prediksi Arus Mudik Meningkat 30 Persen

Sebelumnya, telah ditetapkan TBA oleh pemerintah khusus penerbangan dari Kendari tujuan Makassar kategori pesawat LCC sebesar Rp856 ribu dan tarif batas bawah (TBB) Rp300 ribu. Apabila terjadi penurunan tarif 50 persen untuk TBA, maka penumpang bisa mendapatkan tiket dengan harga Rp428 ribu.

Lalu untuk penerbangan pekan depan, Kamis (25/7/2019) yang dilansir dari situs resmi kedua maskapai LCC itu, harga tiket pesawat Citilink masih dibuka dengan harga Rp726 ribu. Sementara Lion Air di jadwal penerbangan yang sama dibuka dengan harga Rp435 ribu.

Harga Tiket Citilink Kendari-Makassar Masih Mahal, Lion Air Mulai Bersahabat
Pantauan harga tiket Citilink di situs penjualan tiket online traveloka.com

Harga tiket dari kedua maskapai tersebut sudah termasuk taxes dan fees Rp97.900 untuk Citilink dan Lion Air Rp71.400. Akan tetapi, pada ringkasan harga tiket Citilink Rp726 ribu tersebut sudah termasuk bagasi 20 kg sedangkan Lion Air masih di luar bagasi.

Data zonasultra pada Januari 2019 lalu, menunjukkan harga tiket pesawat Lion Air Kendari tujuan Makassar dibuka dengan harga Rp508 ribu sedang Citilink Rp640 ribu. Sementara itu, harga tiket untuk rute penerbangan Kendari-Jakarta dengan jadwal penerbangan, Kamis (25/7/2019), kedua maskapai masih membuka harga di atas Rp1 juta.

Managemen Lion Air Kendari saat dihubungi zonasultra enggan memberikan komentar dan menyarankan untuk meminta penjelasan langsung ke managemen pusat Lion Air.

Sementara Citilink berdasarkan rilis resminya yang diterima zonasultra, Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo mengatakan, pihaknya memastikan implementasi kebijakan tersebut berjalan dengan lancar.

Baca Juga : Pelataran Pesawat di Lanud Haluoleo Akan Diperlebar

“Penyesuaian harga tiket ini sejalan dengan komitmen Citilink Indonesia dalam menyediakan penerbangan dengan harga terjangkau bagi masyarakat,” ujarnya.

Citilink Indonesia akan mengalokasikan 3.348 kursi dengan 62 penerbangan yang akan mengalami penyesuaian harga ini setiap harinya.

Juliandra menambahkan, sejalan dengan kebijakan pemerintah, pihaknya akan terus melakukan review harga tiket pesawat dan berkolaborasi dengan stakeholders terkait untuk bersama-sama mencari solusi terbaik dalam rangka penyediaan penerbangan yang terjangkau bagi masyarakat.

“Walaupun ada penyesuaian harga tiket, kami tetap berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik sebagai premium LCC kepada seluruh pelanggan,” tutup Juliandra. (a)

 


Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib