iklan zonasultra

Hari Batik Jadi Trending Topic di Sosial Media

Hari Batik Nasional 2017
Hari Batik Nasional 2017
Hari Batik Nasional 2017
Hari Batik Nasional 2017

 

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Setelah UNESCO menetapkan batik sebagai warisan budaya dunia pada tanggal 2 Oktober 2009, penetapan tersebut menjadi hari kebanggan bagi warga Indonesia. Pengakuan terhadap batik dianggap merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia.

Hal itu pun terjadi di dunia maya. Senin, (2/10) para Nitizen ikut mencuitkan Selamat Hari Batik Nasional dan menjadi salah satu Trending Topic Worldwide di Twitter. Bahkan, topik mengenai Hari Batik menjadi salah satu cuitan dari pengguna Twitter Indonesia meramaikan linimasa sejak pagi hari ini.

Para warganet mengucapkan Selamat Hari Batik Nasional dan ada pula yang mengunggah foto penyanyi Indonesia yang sudah go Internasional, Agnes Monica yang sering menggunakan batik saat performence. Bahkan di video terbaru Agnes Monica juga mengunakan batik rancangan Anne Avantie.

“She always ear batik on every her performence. I’m so proud of her. Selamat Hari Batik Nasional #Agnezxmo @agnezmo” cuit pengguna twitter dengan akun @atin1907.

Sementara itu, Komunitas fans sepakbola Arsenal di Indonesia juga menampilkan gambar para punggawanya seperti Oliver Giroud, Per Mertesacke, Thomas Rosciky dan penggawa lainya tampak mengenakan batik di lapangan sepakbola. “Selamat Hari Batik Nasional, salah satu warisan budaya Indonesia yang diakui dunia,” kata akun @ID_ARSENAL

Pengguna Twitter dengan akun @wewegodam misalnya, mencuit “Selamat Hari Batik Nasional. Pakai, jaga, dan budayakan batik kita, Indonesia,” disertai dengan foto dirinya dan teman-teman mengenakan kemeja batik.

Tidak tinggal diam, Komunitas Pariwisata yang tergabung dalam Generasi Pesona Indonesia (GenPI) juga ikut mermaikan Hari Batik Nasional di dunia maya. Salah Satunya Genpi Jabar melalui Instagram, juga ikut memajang foto kain batik khas daerahnya yaitu Batik Pakidulan.

“Batik Pakidulan terinspirasi dari keindahan dan eksotisme pesona alam, keanekaragaman hayati dan budaya di kawasan Geopark Ciletuh” tulis akan @genpijabar.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga tak ketinggalan mengucapkan selamat Hari Batik Nasional. Dia berharap semoga batik semakin memperkuat identitas Indonesia dan branding Wonderful Indonesia di seluruh penjuru dunia.

“Batik bisa jadi Indentitas warga Indonesia di Dunia, saya punya beberapa koleksi batik terutama berwarna merah,” ujar Menpar Arief Yahya.

Orang nomer satu di Kementerian Pariwisata itu juga menjelaskan, banyak perancang fashion menggunakan bahan wastra adati untuk rancangan baik ready to wear maupun houte couture. Kini kain-kain khas Indonesia seperti batik, ikat, songket mulai dikenal dan digemari di mancanegara.

Kreasi pembuatan kain-kain Nusantara tersebut sebelumnya juga telah dimentori oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). “Sementara melalui program Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia, Kemenpar bertugas menampilkan dan mempromosikan kain-kain warisan budaya tersebut dan juga Batik, selamat hari batik,” ucap Arief Yahya. (*)

 

 

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib