iklan zonasultra

Hari Ini, Tujuh Siswa Buton Mulai Kuliah di Batam Tourism Politechnik

Hari Ini, Tujuh Siswa Buton Mulai Kuliah di Batam Tourism Politechnik
FOTO BERSAMA - Sekretaris Dinas Pariwisata Buton Rusdi Nudi dan Tujuh siswa Buton, saat tiba di BTP. (Istimewa)

Hari Ini, Tujuh Siswa Buton Mulai Kuliah di Batam Tourism Politechnik FOTO BERSAMA – Sekretaris Dinas Pariwisata Buton Rusdi Nudi dan Tujuh siswa Buton, saat tiba di BTP. (Istimewa)

 

ZONASULTRA.COM, PASARWAJO – Tujuh siswa penerima beasiswa Pemerintah Daerah Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), hari ini, Senin (16/10/2017) mulai kuliah di kampus Batam Tourism Politechnik (BTP), Kepulaun Riau.

Sekreraris Dinas Pariwisata Buton Rusdi Nudi mengatakan, para siswa itu diberangkatkan sejak hari Minggu (15/10/2017) kemarin pagi dan tiba di BTP pukul 14.00 wib. Mereka langsung diterima oleh Nur A Nasution, direktur kampus itu.

“Ketujuh siswa ini sudah resmi jadi mahasiswa dan mulai kuliah hari ini. Sesuai jadwal, masuk jam 8.00 sampai jam 15.00 sore. Mereka akan diberi tambahan belajar diluar jadwal, karena sudah terlambat sebulan lebih menerima materi perkuliahan,” katas Rusdi Nudi saat dihubungi via telepon Senin (16/10/2017).

Dia menjelaskan, keterlambatan para siswa itu menerima materi perkuliahan karena molornya waktu pengusulan dana pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun ini. Sehingga nanti diketuk palu baru diajukan ke BTP, pada hari Minggu kemarin.

(Berita Terkait : Kembangkan Pariwisata, Pemda Buton Beri Beasiswa Siswa SMA Kuliah di BTP Batam)

Dia menambahkan, selama tiga bulan kedepan, ketujuh mahsiswa asal Buton itu masih harus mengusahakan tempat tinggal sendiri. Karena asrama untuk mereka baru akan selesai dalam tiga bulan mendatang.

Dia berharap, agar para mahasiswa asal Buton itu menjadi insan pariwisata yang siap kerja dengan menimba ilmu di kampus BTP yang menggunakan metode perkuliahan 30 persen pemberian teori dan 70 persen praktik.

“Jika bahasa Inggrisnya bagus, mereka nanti akan langsung praktek di hotel berbintang yang ada di luar negeri, seperti Maladewa, Dubai dan Singapura,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Buton Zainuddin Napa menjelaskan, tujuh siswa itu mengambil jurusan kuliner. Semua biaya perkuliahan mereka ditanggung oleh Pemda Buton selama empat tahun.

Menurutnya, program beasiswa Pemda Buton ini bertujuan membangun Sumber Daya Manusia (SDM) agar mampu menciptakan lapangan kerja, utamanya di bidang pariwisata.

“Mudah-mudahan nantinya para mahasiswa BTP dari Buton ini dapat membangun daerah dengan kuliah di bidang kuliner. Ada banyak peluang bisnis kedepan bagi mereka yang kuliah dibidang pariwisata. Itu lebih baik daripada kembali magang di Pemda dengan gaji yang minim,” katanya. (D)

 

Reporter: Kasman
Editor: Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib