iklan zonasultra

Hari Pangan Sedunia, Pemkab Konsel Siapkan 15 Hektar Cokelat

Kepala Dinas Pertanian Pemkab Konsel Nana Sudarna
Nana Sudarna

ZONASULTRA.COM,ANDOOLO– Tanaman jenis cokelat seluas 15 hektar kini tengah dipersiapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra), di Desa Puudambu Kecamatan Benua. Hal itu untuk memperingati perayaan Hari Pangan Sedunia (HPS) pada 9 Oktober 2019 nanti.

Kepala Dinas Pertanian Pemkab Konsel Nana Sudarna mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah fokus melakukan perawatan secara intens bersama masyarakat, petugas Dinas Pertanian Dan Holtikultura Provinsi Sultra, juga para penyuluh.

“Sekarang lagi pemangkasan tanaman yang lainnya ada pemupukan, pembuatan parit untuk pupuk. Itu semua sementara dilaksanakan,” kata Nana saat ditemui di Andoolo, Jumat (26/7/2019).

iklan zonasultra

Lebih lanjut Nana menjelaskan, sejauh ini progres persiapan sudah mencapai 50 persen. Tanaman cokelat tersebut merupakan milik masyarakat yang telah ada sebelumnya.

(Baca Juga : Bakal Dibuka Presiden, Jadwal Pelaksanaan HPS ke-39 di Sultra Dimajukan)

“Jadi kita (pemkab) tinggal memberikan sentuhan pada tanaman. Bukan baru mau menanam ya. Kita berharap kegiatan ini nantinya dapat dipanen pak presiden atau wakil presiden atau siapapun dari pemerintah pusat,” terangnya.

Dikatakan Nana, tak ada tanaman lain yang siapkan selain cokelat, pasalnya hal tersebut telah ditentukan dari pemerintah provinsi untuk dikembangkan di setiap daerah yang ada di Sultra. Nantinya, kegiatan HPS bakal berpusat di Kota Kendari.

(Baca Juga : Jadi Tuan Rumah HPS, Pemprov Sultra Percantik Kawasan Eks MTQ Kendari)

“Kegiatan di Desa Puudambu itu bukan pusat ya, itu hanya sebagian kecil untuk penyelenggaraan panen raya dan gelar teknologi. Kegiatan lainya, pameran dan sebagainya digelar di Kota Kendari, semoga saja pak presiden bisa hadir saat puncak acara nanti,” terangnya. (B)

 


Kontributor: Erik Ari Prabowo
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib