iklan zonasultra

Hari Pertama Sekolah, Mubar Terapkan Sistem Belajar Dua Sif

Plt Kepala Dinas Pendidikan (Diknas) Mubar, Jamuddin
Jamuddin

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Mulai hari ini, Senin 13 Juli 2020, seluruh sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi membuka tahun ajaran baru 2020/2021.

Hal itu diungkapkan Plt Kepala Dinas Pendidikan (Diknas) Mubar, Jamuddin saat ditemui di kantor bupati, Senin (13/7/2020). Kata dia, mengacu pada peraturan empat menteri bahwa mulai hari ini tingkat SMP sudah mulai bersekolah kembali.

Iklan Zonasultra

“Untuk proses belajar mengajar kita lakukan sesuai protokol kesehatan. Kita juga menerapkan sistem belajar dua sif yakni pagi dan siang,” kata Jamuddin.

Dalam proses belajar mengajar dengan tatap muka, pihaknya membatasi siswa dengan jumlah 18 orang. Jika dalam satu kelas itu melebihi 18 orang ini, maka akan mengikuti sif kedua yakni siang.

“Jadi untuk sif pagi itu, masuknya pada pukul 07.15 Wita – 11.00 Wita dan tanpa ada keluar istrahat. Sedangkan, sif siang yakni pukul 13.00 – 16.00 Wita,” ujarnya.

Jamuddin juga memerintahkan kepada setiap guru agar berada di kelas sebelum tiba anak sekolah. Untuk para guru dan siswa diwajibkan memakai masker.

“Kenapa kita perintahkan guru tiba terlebih dahulu di sekolah sebelum siswa, karena mereka (guru) bisa mengarahkan para siswa untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum masuk ke kelas. Kita juga mewajibkan guru dan siswa memakai masker, jika tidak diindahkan maka mereka tidak boleh masuk kelas,” tegasnya.

Dia menambahkan, untuk tingkat sekolah dasar (SD) proses belajar mengajarnya akan dilakukan dua bulan ke depan (September), sesuai dengan aturan empat menteri. Terkait hal ini, pihaknya sudah mengadakan rapat dengan seluruh kepala sekolah. (B)

 


Kontributor : Kasman
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib