iklan zonasultra

Hari Sampah, Polres Muna Bersih Bersih di Pasar Laino

Hari Sampah, Polres Muna Bersih Bersih di Pasar Laino
HARI SAMPAH - 60 personel polisi diterjunkan membersihkan tumpukan sampah dipasar Laino Raha, Kamis (21/2/2019). (Nasrudin/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, RAHA – Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh setiap 21 Februari, puluhan petugas kepolisian resort (Polres) Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar aksi bersih bersih di sejumlah titik di kota Raha.

Salah satu lokasinya di pasar sentral Laino yang dinilai semrawut dan kotor karena disesaki sampah.

Kapolres Muna, AKBP Agung Ramos Paretongan Sinaga melalui Kabag Sumber Daya (Sumda) Kompol Adi Saharuddin mengatakan, aksi bersih-bersih ini merupakan instruksikan langsung dari Mabes Polri.

iklan zonasultra

“Hari peduli sampai semua personel kepolisian diinstruksi dari Mabes untuk melakukan aksi bersih bersih sampah. Kita pilih pasar Laino karena kondisinya semrawut dan kotor,” terang Adi, Kamis (21/2/2019).

Rencananya, aksi bersih bersih sampah ini juga akan dilakukan di beberapa titik kota Raha yang dinilai masih kotor. “Depan Markas Komando Polres juga, kita adakan bersih-bersih, ” ungkapnya.

Untuk membersihkan tumpukan sampah yang ada di pasar Laino, dan beberapa titik di kota Raha pihaknya menerjunkan 60 personel kepolisian.

Selain itu, pihaknya juga bakal melakukan sosialisasi kepada seluruh pedagang pasar bersama instansi terkait untuk melakukan aksi serupa. “Nanti kita akan ajak juga para pedagang untuk membersihkan dan kedepan berkomitmen untuk tidak membuang sampah sembarangan,” cetusnya.

Dirinya juga berharap pemerintah Muna dapat membuat regulasi soal penanganan sampah di kota Raha, agar menjadi efek jera bagi pelaku pembuang sampah sembarangan. “Ini kan sayang, trotoar yang seharusnya digunakan untuk pejalan kaki, justru digunakan untuk buang sampah,” urainya.

Bahkan kata dia, penggunaan trotoar di sekitar pasar untuk buang sampah sudah terjadi beberapa tahun terakhir. Pihaknya juga menghimbau kepada para pedagang untuk menentukan satu titik tempat pembuangan sampah. (b)

 


Kontributor : Nasrudin
Editor : Kiki
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib