Hasil Monitoring BPK, Penggunaan Dana Desa di Konut Banyak Disalah Gunakan

dana desa konut
Ilustrasi

 

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU– Penggunaan dana desa oleh kepala desa di Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) yang anggarannya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2015 lalu ternyata banyak mengalami kesalahan.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Konut, Alfian mengatakan, berdasarkan hasil monitoring Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Sultra diseluruh desa di daerah itu ditemukan masih banyak kepala desa yang melakukan kesalahan dalam pengelolaan dana desa.

Menurutnya, temuan kesalahan penggunaan dana tersebut diantaranya tidak singkrongnya kegiatan dan pengganggaran. Pasalnya, rencana kegiatan ditentukan suatu program, namun dalam pelaksanaannya berbeda.

“Di RKP anggaran pendapatan dan Belanja desa tertera lain, setelah pelaksanaan di lapangan kegiatannya lain. Ini tentu bertentangan,” kata Alfian, Jumat (15/4/2016).

Kesalahan yang dilakukan para kepala desa dapat berimbas pada pelanggaran hukum. Untuk itu, sebagai pimpinan SKPD yang membawahi kepala desa, dirinya meminta agar para kepala desa segera memperbaiki kesalahan tersebut, agar tidak terjadi pada masa-masa selanjutnya.

Selain hal tersebut, Alfian juga mendesak para kepala desa untuk segera menyerahkan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana desa tahun 2015 lalu. Mengigat hingga kini masih banyak kepala desa yang belum menyerahkan laporan pertanggungjawabannya (LPJ).

“Saya minta kepala desa untuk memperbaiki kesalahan itu dan segera menyerahkan LPJ-nya. Karena imbasnya dana desa tidak akan dicairkan jika semua desa belum menyetor laporannya,” katanya. (B)

 

Penulis : Murtaidin
EditorĀ  : Rustam

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib