iklan zonasultra

Hasil Pemilu 2019, PAN Masih Jaya di Sultra

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sulawesi Tenggara (Sultra) Abdurrahman Shaleh
Abdurrahman Shaleh

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Dalam Pemilu 2019, Partai Amanat Nasional (PAN) berhasil mengamankan 8 kursi DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), 1 kursi DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sultra, dan sejumlah kursi di DPRD kabupaten/kota. Perhitungan tersebut berdasarkan pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara oleh KPU Sultra pada 12 Mei 2019 lalu dan pleno KPU RI pada 15 Mei 2019.

Khusus kursi DPRD Sultra, jumlah itu terhitung berkurang dibanding pencapaian PAN pada Pemilu 2014 lalu yang mendapatkan 9 kursi. Kendati demikian dengan jumlah 8 kursi itu, PAN masih tetap mempertahan posisi Ketua DPRD Provinsi Sultra karena jumlah kursi itu lebih unggul daripada partai-partai lainnya.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sultra Abdurrahman Shaleh mengatakan perolehan tersebut membuktikan bahwa PAN masih jaya di Sultra. Hal itu juga menandakan bahwa PAN masih dipercaya oleh rakyat untuk menjadi yang teratas.

iklan zonasultra

Baca Juga : Pleno KPU Sultra Berjalan Transparan Jurdil dan Demokratis

“Banyak yang memprediksi dan menyampaikan bahwa PAN sudah redup, tidak bersinar, nda ada lagi matahari. Itu kami di PAN menjadi spirit, semangat kita buktikan kepada publik di Sulawesi Tenggara,” ujar Abdurrahman Shaleh yang juga ketua DPRD Sultra di Kendari, Kamis (16/5/2019).

Dari 6 Dapil DPRD Sultra, 8 caleg PAN yang lolos yakni Abdurrahman Shaleh di Dapil 1 (Kendari), Asrizal Pratama Putra di Dapil 2 (Konawe Selatan, Bombana), Muniarty M. Ridwan di Dapil 3 (Muna, Muna Barat, Buton Utara), Kasriadi dan Suwandi Andi di Dapil 4 (Buton, Baubau, Wakatobi, Buton Tengah, Buton Selatan), Parmin Dasir di Dapil 5 (Kolaka, Kolaka Utara, Kolaka Timur), serta Titin Nurbaya Saranani dan Syamsul Ibrahim di Dapil 6 (Konawe, Konawe Utara, Konawe Kepualauan).

Selain di DPRD Provinsi, PAN juga masih mendapatkan 1 kursi DPR RI yakni Fachry Pahlevi Konggoasa. Jumlah tersebut masih tetap, pada Pemilu 2014 lalu PAN mendapatkan 1 kursi DPR RI dengan mendudukkan Tina Nur Alam.

Baca Juga : 6 Caleg DPR RI Dapil Sultra Lolos ke Senayan

Untuk DPRD kabupaten/kota, Abdurrahman menyebut PAN unggul di 10 daerah dengan menduduki unsur pimpinan. PAN mengamankan kursi Ketua DPRD di dua daerah yakni di Buton Utara dan di Konawe. Sementara daerah lainnya kursi pimpinan DPRD berupa wakil ketua yakni di Buton, Buton Tengah, Baubau, Konawe Kepulauan, Kolaka, Kolaka Utara, Kendari, dan Bombana.

Untuk jumlah keseluruhan kursi DPRD kabupaten/kota ini, Abdurrahman mengaku belum mau menyebut jumlah totalnya. Sebab, masih ada kemungkinan gugatan pemilu yang dapat mempengaruhi berkurang atau bertambahnya jumlah kursi DPRD kabupaten/kota.

 


Reporter: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib