iklan zonasultra

Hasil Pileg Konut,15 Incumben Tumbang, PBB-PAN Raih Kursi Terbanyak

Ilustrasi Pileg
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM,WANGGUDU – Pemilihan umum (Pemilu) untuk Presiden dan Wakil Presiden (Capres-Cawapres), serta Calon anggota legislatif (Caleg) secara serentak telah usai diselenggarakan pada 17 April 2019.

Untuk Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), tahapan pemungutan suara di tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS), sampai dengan pleno tingkat Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) di 13 Kecamatan pun telah tuntas dilaksanakan. Seluruh logistik telah diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konut. Saat ini pleno KPU sementara berlangsung sejak 2 Mei kemarin.

Dari data yang dihimpun awak media Zonasultra.com pada perhelatan pemilihan legislatif di Konut, dari 20 kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konut, tercatat 15 wakil rakyat tidak terpilih lagi (tumbang), sementara 5 lainnya masih bertahan.

iklan zonasultra

Baca Juga : KPU Konut Jadwalkan Pleno Pemilu Tingkat Kabupaten

Hasil pileg untuk kabupaten Konut, partai Partai Bulan Bintang (PBB) yang merupakan partai penguasa di wilayah Bumi Oheo itu meraih 7 kursi. Jumlah itu, mengantarkan partai besutan Yusril Ihza Mahendra ini di bawah komando Ruksamin sebagai Bupati Konut menjadi yang terbanyak.

“Pada periode 2014-2019 kemarin PBB meraih 2 kursi di DPRD. Dan di periode 2019-2024 ini bertambah 5 kursi. Jadi total keseluruhan dari 4 daerah pemilihan (dapil) PBB peroleh sebanyak 7 kursi. Alhamdulillah ini hasi yang maksimal,” kata Ketua DPC PBB Konut, Hendrik Johanis yang juga merupakan caleg terpilih di wilayah dapil 4, Jumat (3/5/2019).

Diungkapkan, hasil yang diperoleh tak lepas dari kerja keras semua tim mulai dapil 1 dan 4, serta kader partai, calon peserta, simpatisan dan dukungan masyarakat konut. Sehingga, target memuaskan dapat diraih pada pesta demokrasi 5 tahunan ini.

“Hasil yang kami peroleh saat ini, tentunya semua untuk daerah dan masyarakat dalam memperjuangkan segala aspiras memperoleh kesejatraan. Yang terpilih maupun yang tidak terpilih pasti sangat memahami bahwa ini merupakan dinamika politik. Dan tugas kita membantu pemerintah membangun daerah,”ujarnya.

Selain PPB, Partai Amanat Nasional (PAN) juga menjadi salah satu partai peraih kursi terbanyak kedua. Besaran itu, mampu mendongrak perolehan kursi di lembaga parlemen yang sebelumnya 3 kursi menjadi 4 kursi. PAN yang merupakan partai pendamping PBB memimpin pemerintahan di Konut menjadi 1 fraksi, dan dapat mengsung paratai lain untuk berdampingan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Konut yang telah memberikan kepercayaan kepada PAN, yang tadinya 3 kursi, sekarang menjadi 4 kursi. Ini mengartikan respon positif bagi kami, sehingga kedepan PAN menjadi lebih konsisten kawal apa yang menjadi asipirasi masyarkat,”ungkap Ketua DPD PAN Konut, Raup yang juga Wakil Bupati Konut.

Ditanyai mengenai calon yang tidak terpilih, mantan Ketua DPRD Konut ini menerangkan, jika pemilu yang berjalan merupakan dinamika politik yang setiap saat ada perubahan dalam tahapannya. Dan tidak hanya terjadi di Konut saja, tapi juga di kota dan daerah lain.

“Memang kalau kita lihat yang mendominasi adalah pendatang baru, hampir semua daerah. Tentunya, ucapan terimasih juga kepada teman-teman yang telah mendedikasikan dirinya di PAN melalui lembaga parlemen. Dan yang baru saya ucapkan selamat datang, selamat bergabungan semoga bisa lebih amanah mengantar partai PAN lebih baik lagi,”ucapnya.

Berikut data raihan nama-nama calon dan partai dari 13 kecamatan hasil prekapitulasi penghitungan dan perolehan suara tingkat PPK dari 13 kecamatan. (a)

PBB : 7 kursi (bertambah 5 kursi)
1. Abd. Malik (baru)
2. Sawi lapalulu (baru)
3. Herman B (baru)
4. Ikbar (baru)
5. Hamiria (baru)
6. Hendrik J (baru)
7. Mawarny (baru)
PAN : 4 kursi (bertambah 1 kursi)
1. Sapiudin alwi (baru)
2. Mubarak (baru)
3. Indra supriadi (PAW/incumbent)
4. Rizal (baru)
PDIP : 3 kursi (Tetap)
1. Sangia Sahruddin (baru)
2. Made Tarubuana (incumbent)
3. Iskandar mekuo (baru)
NASDEM : 2 kursi ( 0 menjadi 2)
1. Mitra tien (baru)
2. Sudiro (PAW PAN)
PKB : 2 kursi (Tetap)
1.rasmin kamil (incumbent)
2.hendriawan (baru)
HANURA : 1 kursi (Tetap)
1. Samir (incumbent)
GOLKAR : 1 kursi (Tetap)
1. Safrin (incumbent).

 


Reporter : Jefri Ipnu
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib