iklan zonasultra

Hasil Pleno KPU Tetapkan Pasangan KSK-GTS Pemenang Pilkada Konawe

Hasil Pleno KPU Tetapkan Pasangan KSK-GTS Pemenang Pilkada Konawe
PLENO PILKADA KONAWE - Suasana rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Konawe. Rapat yang dimulai sejak pukul 16:00 wita ini menetapkan pasangan KSK-GTS sebagai peraih suara terbanyak. (Restu Tebara/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Pasangan calon bupati dan wakil bupati Konawe nomor urut 4 Kery Saiful Konggoasa dan Gusli Topan Sabara (KSK-GTS) berhasil meninggalkan jauh pesaingnya dalam perhelatan perebutan kursi pimpinan di daerah penghasil beras terbesar di Sulawesi Tenggara itu, dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil pemungutan suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe.

KSK-GTS tercatat memperoleh kemenangan di 19 kecamatan dari total 23 kecamatan yang ada di Kabupaten Konawe dengan raihan 65.766 suara. Sementara pasangan nomor urut 3 Irawan Laliasa-Adi Jaya Putra (Berhijrah) hanya mampu menang di 4 kecamatan dengan total raihan 36.816 suara.

Pasangan calon nomor urut 2 Litanto-Murni Tombili (Berlian Murni) hanya mampu finis di posisi ketiga dengan perolehan 27.564 suara disususul Muliati Saiman-Mansur (Musim) di posisi buncit dengan total suara sebanyak 2.903 suara.

iklan zonasultra

Rapat pleno terbuka hasil pemungutan suara ini hanya dihadiri tiga saksi pasangan calon, yakni saksi dari paslon nomor urut 1, 3, dan saksi paslon nomor urut 4. Sementara saksi dari paslon nomor urut 2 (Berlian Murni) hingga berakhirnya rapat pleno tidak konfirmasi kehadiran.

Ketua KPUD Konawe Muhammad Aswar menjelaskan, jumlah suara yang diperoleh adalah suara rill yang didapatkan oleh masing-masing pasangan calon sesuai dengan model C1 KWK.

“Untuk jumlah suara yang tidak sah sebanyak 3.055 suara, suara sah sebanyak 133.049 suara, jumlah pemilih yang menyalurkan hak pilihnya sebanyak 136.104 orang dari total DPT 159.605 pemilih di Kabupaten Konawe,” kata Aswar usai menutup rapat pleno, Kamis (5/7/2018) dini hari.

Kata dia, untuk pleno penetapan pemenang Pilkada Konawe pihaknya masih menunggu bilamana ada peserta pilkada yang mengajukan gugatan ataupun penyelenggara pemilu seperti Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Konawe terkait dengan proses penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan itu.

Jika tidak ada gugatan, maka KPUD Konawe akan segera melakukan rapat pleno penetapan pemenang pilkada yang dimenangkan oleh pasangan Kery Saiful Konggoasa-Gusli Topan Sabara sebagai peraih suara terbanyak.

“Alhamdulillah proses pemungutan suara yang sudah dilaksanakan tidak ada masalah, dan kami ucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi untuk mensukseskan Pilkada Konawe ini,” kata Aswar. (B)

 


Reporter: Restu Tebara
Editor: Jumriati
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib