iklan zonasultra

Hasil Rapid Test Lima ODP di Konawe Reaktif

Pastikan Operasi SAR Tetap Aman, 59 Personil Basarnas Kendari Jalani Rapid Tes
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Lima orang warga Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) berstatus orang dalam pemantauan (ODP) reaktif terpapar virus corona atau Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan cepat atau rapid test.

Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Konawe, dr. Diah Nila Sari menjelaskan, meski menunjukan hasil reaktif, kelima pasien masing-masing perempuan (40), laki-laki (42) dan laki-laki (35) warga Kecamatan Anggaberi, serta perempuan (46) warga Kecamatan Wonggeduku, dan laki-laki (25) warga Kecamatan Sampara, hanya diminta melakukan isolasi mandiri di rumah.

“Untuk kasus ODP kita per hari ini ada penambahan kasus sebanyak lima orang, di mana berdasarkan hasil pemeriksaan rapid test mereka semua reaktif,” kata Nila dalam keterangan tertulisnya yang diterima awak media, Kamis (21/5/2020)

Dokter ahli radiologi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD Unaaha ini menyebut, satu pasien yang berasal dari Kecamatan Wonggeduku diketahui memiliki riwayat perjalanan dari daerah pandemi yakni Jakarta, sementara empat orang lainnya tidak memiliki riwayat perjalanan ataupun kontak dengan pasien positif.

“Kalau yang dari Kecamatan Wonggeduku ini baru pulang dari Jakarta, setibanya di Kendari kemudian dilakukan pemeriksaan rapid test dan hasilnya reaktif. Sementara empat orang lainnya tidak ada riwayat kontak maupun perjalanan, namun setelah dilakukan pemeriksaan oleh perusahaan tempat mereka bekerja hasilnya reaktif,” ujarnya.

Sayangnya, Nila enggan menyebutkan nama perusahaan tempat mereka bekerja. Rencananya, tim gugus penanggulangan Covid-19 Konawe akan melakukan pemeriksaan swab terhadap lima ODP baru ini pada Jumat (22/5/2020) besok.

Berdasarkan data gugus Covid Konawe, total ODP saat ini berjumlah 19 kasus, kemudian pasien dalam pengawasan (PDP) dua kasus, orang tanpa gejala (OTG) 34 kasus, konfirmasi positif tujuh kasus dengan rincian dua dinyatakan sembuh, sementara lima orang lainnya masih menjalani perawatan medis. (b)

 


Kontributor: Restu Tebara
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib