iklan zonasultra

iklan zonasultra

Hasil Rekapitulasi KPUD, Asrun-Hugua Berjaya di Konawe

Hasil Rekapitulasi KPUD, Asrun-Hugua Berjaya di Konawe
PENANDATANGANAN - Penandatanganan berita acara pleno yang disaksikak Ketua dan anggota Panwaskab Konawe serta saksi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Restu Tebara/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada) pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konawe, menempatkan pasangan Asrun-Hugua sebagai peraih suara terbanyak dengan perolehan 50.011 suara.

Sementara pasangan Ali Mazi-Lukman Abunawas menempati posisi kedua dengan perolehan 47.014 suara. Sementara pasangan Rusda Mahmud-Safei Kahar berada diposisi buncit dengan perolehan 33.916 suara.

Rapat pleno terbuka yang dimulai sejak pukul 16:00 ini dihadiri oleh Komisioner komisoner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra) Iwan Rompo Banne serta komisioner KPUD Konawe, Panwaskab, PPK, serta Panwascam se-Konawe.

Ketua KPUD Konawe, Muhammad Aswar menjelaskan hasil yang didapatkan oleh masing-masing pasangan calon dalam proses rekapitulasi tersebut adalah perolehan secara rill yang direkap berdasarkan hasil dari perhitungan ditingkat kecamatan berdasarkan model C 1 KWK.

(Baca Juga : Hasil Pleno KPU Kendari, Alimazi – Lukman Meraih Suara Tertinggi)

“Suara yang didapatkan oleh masing-masing pasangan calon ini sudah bersifat final, sebab hal itu berdasarkan pleno yang sudah dilaksanakan ditingkat kecamatan,” kata Aswar disela-sela kegiatan, Rabu malan (4/7/2018).

Kata dia, rapat pleno rekapitulasi yang dilaksanakan di salah satu hotel di Unaaha ini hanya dihadiri oleh dua saksi pasangan calon, yakni saksi pasangan calon nomor urut 1 (Ali Mazi-Lukman Abunawas) dan saksi paslon nomor urut 3 (Rusda-Safei). Sementara saksi Paslon nomor urut 2 (Asrun-Hugua) hingga berakhirnya rapat pelono tidak hadir.

Aswar menyebut dari total 159.605 Daftar Pemilih Tetap (DPT), tercatat hanya 136.311 pemilih yang menyalurkan hak suaranya. Dari total tersebut, terdapat 5.370 surat suara yang dinyatakan tidak sah, dan hanya 130.941 suara yang dinyatakan sah.

Dalam kegiatan ini pihak keamanan dari Kepolisian Resort (Polres) Konawe, serta aparat TNI menurunkan sejumlah personilnya untuk mengamankan jalannya rapat pleno terbuka. Meski sempat alot rapat pleno terbuka berjalan dengan kondusif. (B)

 


Reporter : Restu Tebara
Editor : Rustam

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib