Honda

Hasil Seleksi Eselon II Mubar Masih Menunggu Rekomendasi KASN

Seleksi Jabatan di Konut, Petahana Tak Dijamin Bisa Menjabat Lagi
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Pemerintah Daerah (Pemda)Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) masih menunggu persetujuan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) terkait pengisian kekosongan Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) di lingkungan pemerintah setempat.

Dari hasil lelang jabatan tersebut, ada sembilan nama yang dinyatakan lulus dan telah dikirim kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Adapun dinas yang akan diisi yakni Dinas Pariwisata, Dinas Pertanian, dan Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

“Kita sudah selesai melakukan seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPT) Pratama (Eselon II) dan sudah menyetorkan hasil seleksi tersebut ke KASN. Jadi, saat ini kita masih menunggu persetujuan dari KASN,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muna Barat (Mubar), LM Husein Tali di kantornya, Selasa (8/10/2019).

iklan zonasultra

Kata jenderal ASN Mubar ini, pihaknya telah usai melaksanakan seleksi JPT Pratama dan sudah menyurati KASN terkait hasil seleksi tersebut. Berdasarkan informasi yang diterimanya, hasil tes itu sementara diproses oleh KASN.

“Kalau sudah ada rekomendasi dari KASN, tentunya nanti akan di lihat oleh Bupati Mubar La Ode M Rajiun Tumada siapa saja yang bisa mengisi jabatan tersebut. Karena, penilaian itu menjadi hak prerogatif Bapak Bupati,” jelasnya.

Mantan Kadis Pendidikan Mubar ini, menjelaskan pihaknya akan menyodorkan tiga nama dalam satu instansi. Tentunya, jika sudah ada petunjuk atau rekomendasi dari KASN, pihaknya langsung menindaklanjuti dengan melakukan pelantikan.

“Kalau sudah ada petunjuk dari KASN, kita langsung lantik,” tuturnya.

Dia menambahkan, rekomendasi dari KASN itu dimaksudkan, agar nama yang diusulkan berdasarkan hasil tes, benar-benar telah memenuhi syarat. Hanya saja, dirinya belum bisa memastikan, apakah sembilan nama pejabat yang dinyatakan lulus ini, bisa di lantik atau tidak nantinya.

“Untuk itu, saya meminta kepada teman-teman yang mengikuti lelang jabatan ini, untuk bersabar. Karena, kita harus merujuk pada mekanosme atau aturan perundang-undangan yang berlaku,” cetusnya.

Di tempat berbeda, Kepala BKD Mubar, Rosmasari La Ute menjelaskan bahwa pihaknya membuka pendaftaran lelang jabatan ini sejak dua bulan yang lalu. Lelang jabatan ini dilakukan secara terbuka dan sebanyak 15 orang pada saat itu yang mendaftar.

“Kita sudah selesai melakukan seleksi akhir yakni tes psiko di salah satu hotel di Kendari dan ada sembilan yang dinyatakan lulus. Kita juga sudah mengirim sembilan nama itu di KASN dan menunggu rekomendasinya untuk dilakukan pelantikan,” jelasnya.

Ia menegaskan, untuk sementara pihaknya menunggu rekomendasi KASN dari sembilan nama yang lulus ini. Dan selanjutnya Bupati Mubar, La Ode M Rajiun Tumada yang akan memutuskan siapa yang akan mengisi jabatan di tiga dinas yakni Dinas Pariwisata, Dinas Pertanian dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). (a)

 


Kontributor : Kasman
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib