iklan zonasultra

Hasil Swab Keluarga Positif Corona yang Sembuh di Mubar Negatif

Jubir Covid-19 Mubar, H Rahman Saleh
H Rahman Saleh

ZONASULTRA.COM,LAWORO- Hasil swab dengan metode real-time polymerase chain reaction (PCR) kepada tujuh anggota keluarga positif virus corona (Covid-19) yang dinyatakan sembuh laki-laki LT (40) Warga Desa Kasakamu, Kecamatan Kusambi, Kabupaten Muna Barat (Mubar) negatif.

LT memiliki tujuh anggota keluarga yakni H (35) istri, dan 6 orang anak F (23), E (19), AS (14), MI (13), AR (12), dan NA (10 bulan). Mereka memiliki kontak erat dengan LT.

Iklan Zonasultra

Juru bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Mubar Rahman Saleh mengatakan, berdasarkan hasil swab yang diterima dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra, ketujuh orang tanpa gejala (OTG) itu dinyatakan negatif Covid-19. Sampel mereka diperiksa di Laboratorium RS Bahteramas Kendari.

“Alhamdulillah hasilnya negatif semua,” kata Rahman Saleh melalui telepon seluler, Selasa (30/6/2020).

Rahman menyebutkan keluarnya hasil swab tersebut, untuk kasus ODP, PDP dan OTG saat ini di Mubar nihil. Hal itu membuat tim Gugus Tugas Covid-19 Mubar mengapresiasi kinerja tim dan harus lebih aktif dalam melakukan langkah dan inovasi untuk memutus mata rantai penyebaran corona di Mubar.

Hal ini juga tak terlepas dari dukungan pemerintah daerah yang telah menginstruksikan tim gugus dibentuk dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten dengan selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap para pelaku perjalanan dari zona merah corona dengan melakukan deteksi dini.

Kemudian tim gugus tugas juga melakukan screening secara masif dengan memberlakukan karantina mandiri bagi setiap pendatang dan mewajibkan rapid test ketika mereka masuk ke wilayah Mubar.

Ia mengimbau masyarakat tetap mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan setiap beraktivitas. Membudayakan memakai masker, rajin cuci tangan, menjaga jarak, menghindari perkumpulan dengan jumlah orang banyak dan tetap menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Sebelumnya Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Mubar, melakukan rapid test terhadap tujuh orang keluarga pasien positif corona LT. Hasil rapid test dinyatakan non reaktif dan untuk memastikan hasil lebih akurat, dilakukan pengambilan sampel kelenjar saliva (dahak) untuk tes swab dan hasilnya juga dinyatakan negatif. (a)

 


Kontributor : Kasman
Editor: Ilham Surahmin

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib