iklan zonasultra

Hitung Cepat KPU, Paslon Aman Unggul 44,70 Persen

Hitung Cepat KPU, Paslon Aman Unggul 44,44 Persen
HASIL PILGUB SULTRA - Hitung cepat Pilgub Sulawesi Tenggara (Sultra) berdasarkan entri model C1 yang dilakukan KPU RI hingga pukul 10.25 Wita menempatkan pasangan Ali Mazi-Lukman Abunawas (Aman) unggul 44,70 persen atau 325.366 suara. (Sumber : https://infopemilu.kpu.go.id)

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Hitung cepat Pilgub Sulawesi Tenggara (Sultra) berdasarkan entri model C1 yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menempatkan pasangan Ali Mazi-Lukman Abunawas (Aman) unggul 44,70 persen atau 325.366 suara.

Saat ini data yang masuk sudah mencapai 66,37 persen dari jumlah TPS 3.258 dengan jumlah TPS keseluruhan 4.909 yang tersebar di 17 kabupaten/kota.

Urutan kedua diduduki oleh pasangan Rusda Mahmud- Sjafei Kahar 30,76 persen atau 223.921 suara dan urutan ketiga Asrun-Hugua dengan perolehan 178.578 suara atau 24,53 persen.

(Baca Juga : Aman Unggul di Hitung Cepat THI, Puluhan Massa Padati Hotel Swissbel)

Hitung cepat juga dilakukan dua lembaga survei yakni Jaringan Suara Indonesia (JSI) dan The Haluoleo Institute (THI). JSI sendiri menempatkan pasangan Aman di posisi pertama dengan persentasi 44,4 persen. Disusul pasangan calon nomor urut 3 Rusda Mahmud-Sjafei Kahar dengan persentasi 30,8 persen dan pasangan calon nomor urut 2 Asrun-Hugua dengan persentasi 25,7 persen.

Kemudian THI pun menempatkan paslon yang diusung Partai Golkar dan Nasdem itu sebagai pemenang Pilgub Sultra berdasarkan hitung cepat dengan perolehan suara 42,71 persen, Asrun-Hugua 25,07 persen, dan Rusda Mahmud-Sjafei Kahar 32,22 persen.

Semua hasil yang dikeluarkan lembaga survei ini bukanlah hasil final karena perhitungan resmi akan dilakukan KPU. Begitu pun hitung cepat versi web KPU RI ini dibuat untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat guna mengetahui hasil Pilkada Serentak 27 Juni 2018 secara cepat dan transparan di seluruh wilayah yang menyelenggarakan Pilkada.

(Baca Juga : Survei JSI di Pilgub Sultra, AMAN Raih 44,4 Persen Suara)

Di mana data hasil pada hitung cepat itu berdasarkan entri model C1 apa adanya. Hasil pada hitung cepat merupakan hasil sementara dan tidak bersifat final. Jika terdapat kesalahan pada model C1 akan dilakukan perbaikan pada proses rekapitulasi di tingkat atasnya.

Saat ini suara dari kabupaten/kota terus masuk dan angka presentasi suara masih dapat berubah setiap saat. (B)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib