iklan zonasultra

Hitung Cepat THI, Ini Sebaran Daerah Keunggulan Paslon Gubernur Sultra

Hitung Cepat THI, Ini Sebaran Daerah Keunggulan Paslon Gubernur Sultra
HITUNG CEPAT – Hasil hitung cepat atau quick count lembaga survei The Haluoleo Institute (THI) pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (27/6/2018). Hasil hitung cepat itu dirilis di salah satu hotel Kendari. (Muhamad Taslim Dalma/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pasangan calon gubernur Ali Mazi – Lukman Abunawas unggul dalam hasil hitung cepat atau quick count lembaga survei The Haluoleo Institute (THI) pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (27/6/2018).

Keunggulan Ali Mazi – Lukman tersebar di 5 daerah pemilihan (dapil) dari 6 Dapil yang dipetakan. Pasangan berakronim AMAN ini hanya kalah di Dapil 5 yakni Kabupaten Kolaka, Kolaka Timur, dan Kolaka Utara.

Yang menang di Dapil 5 adalah pasangan Rusda Mahmud –Sjafei Kahar. Hasil hitung cepat di dapil 5 yakni Rusda-Sjafei 63.40 persen, disusul Ali Mazi – Lukman 26.63 persen , disusul Asrun-Hugua 9.96 persen.

Hitung Cepat THI, Ini Sebaran Daerah Keunggulan Paslon Gubernur Sultra

Keunggulan AMAN misalnya di dapil 1 yakni Kota Kendari, Ali Mazi-Lukman unggul 45.89 persen, Asrun-Hugua 29.73 persen, dan Rusda-Sjafei 24.38 persen. Kota ini pernah dipimpin Asrun selama dua periode sebagai Walikota Kendari.

(Baca Juga : Survei JSI di Pilgub Sultra, AMAN Raih 44,4 Persen Suara)

Secara keseluruhan Dapil, dalam presentasinya THI mengunci data yang masuk di angka 94.81 persen pada pukul 16.14 wita. Ali Mazi-Lukman unggul 42.52 persen, disusul Rusda-Sjafei 32.46 persen, dan Asrun-Hugua 25.15 persen. Sampling eror hitung cepat itu adalah kurang lebih 1 persen.

Direktur Eksekutif The Haluoleo Institute Naslim Sarlinto menjelaskan dari jumlah 1.628.320 pemilih dan jumlah TPS sebanyak 4.909 maka diambil sampel 308 TPS. Sampel tersebar secara proporsional dan dipilih secara acak di seluruh kabupaten/kota provinsi Sultra.

“Perubahan-Perubahan nilai ini sangat memungkinkan terjadi. Ini bukanlah hasil akhir pemilihan gubernur, ini bukanlah perhitungan KPU ” ujar Naslim saat mempresentasikan hasil hitung cepat di salah satu hotel Kendari, Rabu (27/6/2018). (A)

 


Reporter : Muhamad Taslim Dalma
Editor : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib