iklan zonasultra

Hiu Paus Sepanjang 3 Meter Terdampar di Sungai Belakang Rumah Warga

Hiu Paus Sepanjang 3 Meter Terdampar di Sungai Belakang Rumah Warga
IKAN PAUS HIU - Upaya penyelematan ikan paus hiu berukuran 3,20 meter yang terdampak di sungai belakang rumah warga coba dievakuasi untuk dilepasliarkan ke teluk Kendari. (Fadli Aksar/ZONASULTRA)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Seekor Hiu Paus bercorak tutul dengan panjang 3,20 meter terdampar di sungai belakang rumah warga di Jalan ZA Sugianto, tepatnya di samping Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari, Kelurahan Kambu, Kecamatan Poasia, Sabtu (2/1/2021) sekitar pukul 06.00 WITA.

Menurut penuturan warga Indah Yani (29), awalnya hewan dilihat oleh pamannya, Yahya (38) saat menuju ke belakang rumah. Saat itu Yahya melihat ikan itu tengah berenang, dan sebagian badannya tertanam di lumpur. Akhirnya ia memanggil warga yang lain, sebab peristiwa ini dianggap langka.

“Kita langsung datang, ternyata ukurannya besar. Kami dekati ikan itu berputar-putar seolah minta bantuan. Akhirnya dua orang sepupu saya turun untuk selamatkan,” ujar Indah saat ditemui di lokasi penemuan Hiu Paus itu.

Sementara itu warga lain, Firman (35), yang ikut berupaya menyelamatkan ikan tersebut dengan mendorong menuju laut. Dirinya bersama warga yang lain turun ke sungai berlumpur itu mendorong hewan itu sejak pukul 07.00 Wita.

“Kita dorong bantu arahkan ke laut, jauhnya sekitar dua kilometer, tapi ikan itu sudah lemas kelihatannya. Saya juga mulai capek soalnya lumpur dalamnya sampai di lutut dan sudah satu kilo kita mendorong,” ujar Firman.

Kini, ikan yang biasa hidup di perairan tropis tersebut coba dilepas liarkan warga ke Teluk Kendari melewati muara sungai jembatan triping. Peristiwa terdamparnya ikan ini pun menjadi tontonan warga di jembatan triping. (a)

 


Reporter : Fadli Askar
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib