iklan zonasultra

HPS 2019, Pemprov Bakal Siapkan Helikopter untuk Presiden

Hari Pangan Sedunia (HPS) 2019
Hari Pangan Sedunia (HPS) 2019

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal menyiapkan helikopter untuk operasional Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama pelaksanaan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39. HPS yang akan digelar di Sultra, bakal dibuka secara langsung oleh Presiden Jokowi.

Plt Kadis Kominfo Sultra, Syaifullah menjelaskan, helikopter tersebut nantinya bakal digunakan Presiden Jokowi untuk bertolak dari Angata, Konawe Selatan (Konsel) menuju lokasi pameran HPS di lapangan Eks MTQ Kendari.

Iklan Zonasultra

(Baca Juga : 34 Ribu Tamu Bakal Hadiri Hari Pangan Sedunia di Kendari)

“Rencananya Pemda Sultra menyiapkan helikopter untuk RI 1 dari Angata ke Kendari, untuk memudahkan Presiden. Para duta besar (dubes) dari berbagai negara akan mengikuti rute presiden, untuk hotel pun kita sudah siapkan untuk rombongan presiden, menteri, eselon i dan para dubes,” terang Syaifullah saat dihubungi awak zonasultra.com, Senin (9/9/2019).

Selain membuka secara langsung HPS 2019, Presiden Jokowi juga bakal mengunjungi dua tempat yaitu lokasi pelaksanaan HPS yakni Geltek (kebun kakao) di Kecamatan Angata serta lokasi pameran di kawasan Eks MTQ Kota Kendari.

Terkait jadwal pelaksanaan, Syaifullah menerangkan, pelaksanaan HPS ke-39, resmi diundur. Pengunduran kegiatan itu sesuai dengan surat dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI ke Pemprov Sultra, tertanggal 4 September 2019.

(Baca Juga : Dimundurkan, Pelaksanaan HPS 2019 Tunggu Pelantikan Presiden Jokowi)

Hal itu sesuai dengan hasil rapat bersama antara Kementan, Pemprov Sultra dan pihak terkait. “Jadi awalnya kan mau dilaksanakan pada 9-12 Oktober 2019. Diubah menjadi tanggal 2-5 November 2019. Karena menunggu proses pelantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’aruf Amin dulu,” ungkapnya.

Sebelumnya, pelaksanaan HPS ke-39 dijadwalkan bakal dilaksanakan pada 22-26 Oktober 2019. Namun dengan sejumlah pertimbangan seperti menyesuaikan jadwal Presiden Jokowi, pelaksanaan HPS dimajukan menjadi 9-12 Oktober 2019. Namun, pelaksanaan HPS kembali diundur menjadi 2-5 November 2019.

Untuk diketahui, kegiatan HPS ke-39 ini bakal digelar di tiga daerah yakni Kota Kendari, Kabupaten Konawe, dan Konsel. Di Kota Kendari pelaksanaan HPS akan berpusat di eks MTQ Kendari dengan bentuk kegiatan pameran pangan, kemudian seminar di salah satu hotel Kendari, dan upacara peringatan HPS ke-39 di lapangan apel Kantor Gubernur Sultra.

Di Kabupaten Konsel akan dipusatkan di Kecamatan Angata. Di sini akan dilaksanakan panen raya dan gelar teknologi. Sementara di Kabupaten Konawe, tepatnya di Besulutu, akan dilakukan pengecekan pabrik sagu. (B)

 


Reporter: Randi Ardiansyah
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib