iklan zonasultra

HPS ke 39, Ana Wonua Pamerkan Aneka Olahan Lokal Kendari

HPS ke 39, Ana Wonua Pamerkan Aneka Olahan Lokal Kendari
ANA WONUA - Sejumlah pengujung yang ikut meramaikan stan Ana Wonua di Pameran Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 di Kendari. Olahan cokelat, kopi dan pakaian kaos oblong menjadi jajanan yang dipamerkan. (ILHAM SURAHMIN/ZONASULTRA.COM).

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Stand Ana Wonua ikut andil dalam pameran Hari Pangan Sedunia ke-39 di Kendari.

Stand ini memperkenalkan aneka olahan lokal asli Sulawesi Tenggara (Sultra) yang merupakan hasil kreativitas mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo (UHO).

Baca Juga : Keripik Kacang Hijau dan Stick Kelor Hadir di Pameran HPS

iklan zonasultra

Ketua Himpunan Pengusaha dan Wiraswasta Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan Indonesia TNI-Polri (FKPPI) Sulawesi Tenggara (Sultra), Rusmin Abdul Gani mengatakan, produk yang dikenalkan ini merupakan olahan yang bahan dasarnya berasal dari Sultra.

Para mahasiswa itu sebelumnya telah mengikuti pelatihan dari pemerintah, namun tidak mendapatkan dukungan lebih lanjut.

“Ada cokelat mete, sagu, kopi kemudian ada juga kaos bertulisan Kendari hasil desain mereka sendiri,” katanya saat ditemui menjelang penutupan Pameran HPS, Selasa (5/11/2019).

Dalam hal ini peran dari pihaknya, kata Rusmin, adalah membantu dengan memfasilitasi sejumlah kebutuhan mahasiswa sehingga bisa memproduksi sendiri olahan makanan itu untuk kemudian dipasarkan dalam pameran HPS.

Ia pun berharap dengan cara memberikan bantuan kepada mahasiswa dalam acara HPS ini, dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan.

Baca Juga : HPS ke 39, Diskan Konut Pamerkan 5 Olahan Hasil Laut Nelayan

“Ya semoga mereka bisa mengembangkan pasarnya lebih maju luas lagi,” ujarnya.

Salah satu pelajaran penting menurut Rusmin agar mahasiswa dapat menjalankan usaha ini kedepan, tanpa harus memikirkan untung besar di awal. Karena usaha yang lancar akan menghasilkan keuntungan di luar ekspektasi. (a)

 


Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Kiki

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib