iklan zonasultra

Hugua: 70 Persen Pendapatan Harus Dinikmati Petani dan Nelayan

Hugua: 70 Persen Pendapatan Harus Dinikmati Petani dan Nelayan
KUNJUNGAN - Calon Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Hugua bersalaman dengan nelayan di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kendari, Kamis (21/6/2018). (RAMADHAN HAFID/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sebanyak 70 persen hasil sektor pertanian dan kelautan serta perikanan di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) harus dapat dinikmati petani di pedesaan dan nelayan yang berdomisili di pesisir. Sementara sisanya 30 persen, merupakan keuntungan pihak pelaku bisnis atau pedagang.

“Jangan sebaliknya. Pebisnis menikmati keuntungan 70 persen, sementara petani atau nelayan hanya dikisaran 30 persen. Bagaimana mau sejahtera, petani dan nelayan yang bekerja keras tapi sedikit sekali pendapatan yang diperoleh,” ujar calon wakil gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Hugua kepada zonasultra.com, Sabtu (23/6/2018).

Dikatakan, strategi pasangan calon (Paslon) Asrun-Hugua bila masyarakat Sultra memilihnya tanggal 27 Juni 2018, teknologi industri di desa atau di pesisir harus dibangun.

“Investasi industri harus diarahkan ke desa, sesuai potensi sumber daya alam masing-masing wilayah. Tujuannya untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan petani dan nelayan di Sultra,” kata mantan Bupati Wakatobi dua periode ini.

(Baca Juga : 3 Sektor Andalan Asrun-Hugua Tingkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Sultra)

Lanjutnya, ada tiga asas manfaat yang diperoleh petani dan nelayan bila investasi teknologi industri dibangun di wilayah pedesaan. Pertama, pendapatan petani atau nelayan akan bertambah. Sebab mulai tahap pengolahan sampai pemasaran, semuanya berbasis di desa. Artinya pendapatan tidak ke mana-mana. Ada nilai tambah yang diperoleh petani atau nelayan.

Kedua, lapangan kerja di desa terbuka luas. Mulai tamatan SMA atau sederajatnya sampai sarjana memperoleh kesempatan bekerja tanpa harus ke kota mencari pekerjaan. Ini artinya, angka pengangguran dapat ditekan, sehingga kesenjangan ekonomi tidak terjadi lagi.

Asas manfaat ketiga yaitu kesejahteraan petani atau nelayan meningkat. “Kalau proses produksi sampai pemasaran produk lebih dominan dananya berputar di desa, maka ini akan mempercepat peningkatan kesejahteraan petani atau nelayan. Inilah yang jadi tantangan ke depan. Karenanya masyarakat harus memilih paslon nomor urut 2 Asrun-Hugua, supaya kami bisa merealisasikan program industri yang sudah dicanangkan ke depan,” harapnya. (B)

 


Reporter: Ramadhan Hafid
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib