iklan zonasultra

iklan zonasultra

Hujan dan Banjir, Warga Wanggu Diberi Kemudahan Memilih di TPS Emergency

Hujan dan Banjir, Warga Wanggu Diberi Kemudahan Memilih di TPS Emergency
PEMILIHAN GUBERNUR - Warga diantar dengan menggunakan perahu karet agar dapat memilih dalam Pemilihan Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (27/6/2018). Akses pemukiman mereka di Kelurahan Lepo-Lepo Kendari terputus karena banjir. (Muhamad Taslim Dalma/ZONASULTRA.COM).

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Warga korban banjir di Bantaran Kali Wanggu Kelurahan Lepo-Lepo Kendari diberi kemudahan untuk menyalurkan hak suaranya dalam Pemilihan Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu, (27/6/2018).

KPU bekerja sama dengan pihak terkait mendirikan TPS Emergency (TPS 08 Kali Wanggu) di Tenda Pengungsian. Di TPS itu tercatat ada 363 Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Warga mulai berdatangan di TPS sejak pukul 08.30 Wita dalam kondisi mendung dan rintik. Begitu pukul 10.20 Wita turun hujan cukup deras. Kondisi demikian tetap memuat warga mau datang memilih.

Basarnas, Taruna Siaga Bencana (Tagana), dan kepolisian bersinergi membantu warga agar bisa memilih. Sejumlah warga diangkut pakai perahu karet untuk datang memilih.

(Baca Juga : Semangat Datang ke TPS, Warga Kali Wanggu Diantar Pakai Perahu Karet)

Anggota KPU Sulawesi Tenggara (Sultra) Ade Suerani mengatakan di TPS itu, warga yang kehilangan C6 (undangan memilih) tetap dapat memilih.Warga dapat memilih karena ada potongan C6 yang dipegang oleh Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS).

Lanjut dia, selama tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) maka warga tetap boleh memilih meski tidak dapat menunjukkan KTP karena jadi korban banjir. Yang tidak memiliki kartu identitas dapat dikenali oleh KPPS sebagai warga setempat.

“Kemarin ada kesepakatan bersama, KPU, Bawaslu,Tagana, Basarnas,dan Kepolisian kita dirikan TPS emergency karena TPS sebelumnya tergenang,” ujar Ade di lokasi.

Ade menilai warga setempat cukup antusias datang memilih karena pemilih berdatangan sejak pagi walaupun dalam keadaan hujan. Namun demikan, total pemilih baruapat diketahui setelah perhitungan suara. (B)

 


Reporter : Muhamad Taslim Dalma
Editor : Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib