Tampilan Desktop



Hujan Deras Akibatkan Pohon Tumbang dan Tanah Longsor di Kendari
486 Dibaca

Hujan Deras Akibatkan Pohon Tumbang dan Tanah Longsor di Kendari POHON TUMBANG – Sebuah pohon tumbang menimpa tiang listrik yang diakibatkan hujan deras yang kembali mengguyur di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Kandai, Kecamatan Kendari, Minggu (14/5/2017). (Randi Ardiansyah/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Hujan deras yang kembali mengguyur Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) sejak Sabtu (13/5/2017) kemarin, tidak hanya menyebabkan banjir di sejumlah wilayah di Kota Kendari. Sebuah pohon tumbang menimpa tiang listrik di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Kandai, Kecamatan Kendari, Minggu (14/5/2017).

Salah seorang saksi mata, Lukman mengungkapkan, kejadian tersebut berawal saat hujan lebat yang disertai angin kencang. Sekira pukul 09.00 Wita, dirinya mendengar suara gemuruh dari dalam toko bangunan miliknya yang berada tepat di depan pohon tumbang tersebut.

Baca Juga : Akibat Banjir Warga Saranani Tutup Jalan, Pemkot Disebut Kurang Perhatian

“Pas saya keluar lihat ternyata pohon di depan toko sudah tumbang, dan kena tiang listrik juga,” ungkapnya.

Akibatnya, listrik di Kecamatan Kendari mengalami pemadaman. Meski tak ada korban jiwa, namun kejadian tersebut membuat arus lalu lintas dari Kota Lama menuju Kecamatan Kendari terpaksa dialihkan.

Selain pohon tumbang, banjir juga menggenangi pemukiman padat penduduk di Kelurahan Kampung Salo.

Hujan Deras Akibatkan Pohon Tumbang dan Tanah Longsor di Kendari TANAH LONGSOR – Satu unit rumah warga di RW 03 RT 03 Kelurahan Gunung Jati, Kecamatan Kendari yang tertimpa tanah longsor (Sri Rahayu/ZONASULTRA.COM)

Masih di Kecamatan Kendari, tepatnya di Kelurahan Gunung Jati, satu unit rumah warga di RW 03 RT 03 tertimpa tanah longsor. Kejadian tersebut menyebabkan bagian kamar milik Nurhadia, pemilik rumah rusak parah.

Ia mengungkapkan kejadian berlangsung sekira pukul 06.30 Wita pagi saat ia bersama sang suami tengah membereskan barang-barangnya untuk dievakuasi, berjaga-jaga jika longsor terjadi.

Hujan Deras Akibatkan Pohon Tumbang dan Tanah Longsor di Kendari“Dari tadi malam itu kita sudah beres-beres memang, tidak ada yang tidur di kamar sini karna rawan memang, lembek tanahnya bagian atas situ,” kata Nurhadia kepada Zonasultra.com, Minggu (14/5/2017).

Baca Juga : Rumah Anggota DPRD Sultra Dikepung Banjir

Menurut Nurhadia, sejak Jumat malam tanah pada bagian tebing di sekitar rumahnya memang sudah berjatuhan sedikit demi sedikit. Untuk itu beberapa barang-barang rumahnya sudah di evakuasi ke tempat yang lebih aman.

“Alhamdulillah, untungnya tidak ada korban. Tadi pak lurah juga sudah mendata kerusakan juga,” kata Nurhadia.

Hingga kini, warga disekitaran tanah longsor juga tengah melakukan evakuasi barang-barang milik mereka guna menghindari adanya longsor susulan.(A)

 

Reporter : Randi Ardiansyah/Sri Rahayu
Editor : Jumriati

Tagged with: ,
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com