Hujan Deras, Ratusan Rumah Warga di Konut Terendam Banjir

Hujan Deras, Ratusan Rumah Warga di Konut Terendam Banjir
BANJIR - Ratusan rumah warga di Desa Tapunggaya, Kecamatan Molawe terkena banjir akibat di guyuran hujan yang turun pada Minggu sore sejak pukul 17.00 (Jefri/ZONASULTRA.COM).

ZONASULTRA.COM,WANGGUDU- Ratusan rumah warga di Desa Tapunggaya Kecamatan Molawe Kabupaten Konawe Utara (Konut) terendam banjir akibat hujan deras yang mengguyur wilayah itu pada Minggu sore sekira pukul 17.00 wita.

Tak hanya kediaman warga, desa yang berada di bibir pantai itu juga merendam sejumlah fasilitas umum seperti lapangan sepak bola, pasar, balai desa, Puskemas hingga ruas jalan.

Saat ini sebagian warga sudah mengungsi ke lokasi yang lebih aman. Namun sevagian warga tetap memilih berada di dalam rumah. Pemerintah desa pun meminta warga untuk siaga terkait banjir ini.

” Banjir terparah terjadi di Dusun 1 jumlah warganya di sana mencapa ratusan kepala keluarga (KK),” Jelas Kepala Desa Tapunggaya, Aksan saat di konfirmasi Minggu malam.

Dijelaskan, banjir memang sering melanda desa Tapunggaya. Salah satu penyebabnya karena draenase yang telah dibangun tak berfungsi akibat tersumbat oleh sedimen.

Banjir konut“Ada draenase tapi tertutup tanah, tanah gunung bercampur air hujan yang turun langsung melalui draenase meluap keluar karena sudah tersumbat. Kalau hujan keras 2 sampai 3 jam saja pasti langsung naik air,” tambah Aksan melalui sambungan telepon.

“Pokoknya itu mulai dari Desa Mandiodo sampai Tapunggaya kalau sudah hujanmi biar di jalan pasti lewat air,” terangnya.

Untuk diketahui dari informasi yang dihimpun hujan deras yang mengguyur wilayah Tapunggaya sejak Minggu sore tadi hingga kini belum reda. (B)

 

Reporter:Jefri Ipnu
Editor Tahir Ose

loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib