iklan zonasultra

IAIN Kendari Kedatangan Dosen Tamu Asal Amerika Serikat

IAIN Kendari Kedatangan Dosen Tamu Asal Amerika Serikat

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Dosen asal Amerika Serikat Sean Ryan mulai menjalankan tugas sebagai dosen tamu di Institut Agama Islam Negeri Kendari (IAIN), Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Senin (12/9/2018).

Sean diutus oleh Regional English Language Office (RELO), sebuah lembaga Departemen Luar Negeri Amerika Serikat yang bertujuan memajukan pendidikan Bahasa Inggris dan pembelajarannya di seluruh dunia.

Iklan Zonasultra

IAIN Kendari terpilih menjadi host program RELO setelah sebelumnya mengikuti seleksi bersama puluhan kampus lainnya. IAIN Kendari dinyatakan layak menerima program RELO fellowship tersebut usai tim RELO melakukan survey dan penilaian beberapa waktu lalu.

Rektor IAIN Kendari Nur Alim mengungkapkan, kehadiran Sean merupakan kesempatan besar bagi mahasiswa maupun dosen untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing yang menjadi prasyarat utama SDM di era kekinian.

“Kami berharap dengan kehadiran Mr. Sean kemampuan bahasa Inggris baik mahasiswa maupun dosen dapat terus berkembang sesuai dengan kebutuhan kekinian. Mr. Sean boleh menganggap kampus ini seperti kampus sendiri, kami siap memfasilitasi semua yang dibutuhkan,” ungkap Nur Alim ditemui di ruang kerjanya, Rabu (12/9/2018)

Sementara Humas IAIN Kendari Lily Ulfia mengatakan Sean akan mengajar pada kelas S-1 serta menyajikan workshop dan seminar dalam bidang pengajaran bahasa Inggris dan creative writing kepada dosen selama 10 bulan.

“Kehadiran Sean mendapat sambutan hangat dar civitas akademika IAIN Kendari pada acara Welcoming Ceremony. Acara tersebut dihadiri oleh seluruh pimpinan, dosen bahasa Inggris serta mahasiswa tadris bahasa Inggris,” kata Lily.

Sean juga mengungkapkan antusiasnya untuk mengikuti program fellowship ini. “Selama ini saya mengenal Indonesia dengan Jakarta dan Bali serta tempat lahir istri saya di Boyolali. Saya bersyukur bisa datang ke Kendari karena di sinilah saya akan melihat budaya dan kebiasaan orang Indonesia yang sesungguhnya,” katanya.

Sean juga mengatakan beberapa program yang akan dilaksanakan selama berada di IAIN Kendari, termasuk mempelajari kebudayaan masyarakat Indonesia melalui interaksi dalam aktivitas keseharian.

Dalam penyambutan Sean menyempatkan diri untuk bergabung bersama mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Inggris yang sedang melakukan atraksi dance di atas pentas. Sean mengaku senang karena mendapat sambutan yang cukup meriah dari civitas akademika.

Selama bertugas di IAIN Kendari, Sean didampingi oleh Direktur International Office IAIN Kendari, Halim. Halim akan menyusun berbagai program kegiatan yang akan dilakoni Sean dengan menyesuaikan kebutuhan dan agenda akademik. (B)

 


Reporter: CR2
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib