iklan zonasultra

Ibadah dan Kerja Lancar, Begini Tips Berpuasa Ala Pimpinan BUMN di Kendari

ilustrasi semangat puasa
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM,KENDARI– Keinginan setiap umat muslim saat berpuasa adalah bagaimana ibadah dan pekerjaannya berjalan dengan seimbang dan lancar.

Kesibukan dan jam terbang pekerjaan yang padat terkadang membuat seseorang menjadi cepat lelah sehingga tidak bersemangat untuk beraktivitas. Namun, hal ini nampaknya tidak terjadi terhadap beberapa pimpinan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ada di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). Meski puasa, ibadah dan pekerjaan tetap lancar.

Nah, dalam artikel ini mereka akan berbagi tips berpuasa seperti apa mereka menjalankan puasa ditengah kepadatan pekerjaan.

Kepala Pelni Cabang Kendari Tavip Priadi kepada zonasultra mengatakan, saat berpuasa kita tidak hanya mendapat manfaat secara spritual tetapi juga secara fisik.

Pertama, yang harus diperhatikan adalah menjaga kesehatan melalui penyeimbangan antara makanan dan aktivitas fisik. Tubuh tetap beraktivitas meski intensitasnya dikurangin.

(Baca Juga : Momen Puasa, Ali Mazi Minta Masyarakat Jaga Persatuan)

“Kedua, menjaga pola makanan bila perlu mengkonsumsi vitamin. Itu kalau diperlukan untuk tubuh Anda,” kata Tavip kepada zonasultra, Minggu (13/5/2019).

Ketiga, jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk tidak berolahraga. Saat puasa tubuh tetap memerlukan aktivitas fisik. olahraga intensitas ringan seperti jogging atau berjalan cepat sekitar 30 menit.

Keempat, menyeimbangkan waktu kerja, ibadah dan istirahat. Bekerja cerdas, mengurangi kegiatan yang tidak perlu sehingga lebih efektif dan efisien saat bekerja.

“Kalau saat kerja disiang hari sudah kecapean, ditakutkan tidak dapat melaksanakan solat tarawih di Masjid,” jelasnya.

Adapun menu wajib berbuka puasa pria berkacamata ini adalah teh manis, lupis dan kurma. Sedangkan saat sahur ia biasanya meneguk susu dan menyantap buah segar.

Kemudian, Kepala PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Baubau Suharto mengatakan, yang terpenting dalam menjalan puasa adalah niat.

“Kalau udah niat puasa, Insyaallah pekerjaan apa saja yang saya jalani tetap aman dan tidak mengganggu aktivitas ibadah,” ungkap Suharto.

Kemudian, tips lain yang disarankan Suharto adalah tidak lupa untuk makan sahur dan minum vitamin serta madu.

Untuk berbuka puasa, selain air mineral menu favoritnya adalah Kurma. Sementara untuk sahur tidak ada yang spesial.

Selanjutnya, Branch Manager PT Garuda Indonesia Branch Office Kendari, Tomy Chrisbiantoko mengatakan kepada zonasultra menyampaikan, niat puasa karena Allah SWT adalah salah satu kunci agar pekerjaan dan ibadah kita lancar selama bulan Ramadan.

(Baca Juga : Pentingnya Menjaga Silahturahmi di Bulan Ramadan)

“Niat puasa malam hari sebelum puasa, insyaallah dengan niat yang kuat dan ikhlas maka pekerjaan akan lancar,” ungkap Tomy.

Tomy sendiri mengaku tidak ada menu favorit saat berbuka, kecuali saat sahur dirinya mengkonsumsi pisang raja 3 buah dan air mineral hangat.

Namun, dirinya lebih suka menyantap buah-buahan dan protein serta membatasi karbohidrat dan gula karena dalam masa program diet.

“Tidak makan nasi, lontong, kupat dan sejenisnya,” tukasnya.

Kendati demikian, mereka berharap selama bulan puasa seluruh aktivitas pekerjaan tetap berjalan lancar termasuk ibadah. (B)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib