Honda

Ikan Hiu Sirip Hitam Jadi Tontonan Pengunjung di Stand Konkep

Ikan Hiu Sirip Hitam Jadi Tontonan Pengunjung di Stand Konkep
KONKEP - Ikan hiu sirip hitam menjadi tontonan pengujung stand Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) di pagelaran Halo Sultra ke-12 tahun 2019 di Kota Kendari, Kamis (25/4/2019). (ILHAM SURAHMIN/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM,KENDARI – Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) menampilkan akuarium berisikan ikan hiu sirip hitam di Pameran Halo Sultra ke-12 tahun 2019 di Tugu Religi Sultra, Kota Kendari.

Petugas Stand Kabupaten Konkep, Yayan saat ditemui di lokasi pameran mengatakan, jenis ikan hiu ini bisa ditemui di perairan Kecamatan Wawonii Tengah. Sifat hiu sirip hitam jika malam hari jinak sedangkan siang hari liar.

“Selama di pameran ini kita kasih makan sehari dua ikan lajang, dan dia tidak menganggu ikan yang lain yang ada di akuarium,” ungkap Yayan kepada zonasultra, Kamis (25/4/2019).

iklan zonasultra

Baca Juga : Ada Tuna Sepanjang 1,2 Meter di Pameran Halo Sultra 2019

Ikan yang berada di akuarium ini berukuran sekitar 45 cm. Berdasarkan pantauan zonasultra.com terlihat begitu banyak anak-anak yang tertarik melihat secara dekat penampakan ikan hiu sirip hitam tersebut.

Yayan menyebutkan jika di laut lepas, Ikan hiu sirip hitam dapat ditemukan di kedalaman sekitar 5 meter atau sebutan lokalnya 3 depa.

“Biasa kalau surut air juga mudah ditemukan sebatas lutut dan paha orang dewasa, biasa kalau ada nelayan yang turun menyuluh banyak liat ikan ini tapi tidak ditangkap untuk dikonsumsi,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Hiu blacktip adalah spesies hiu requiem, dan bagian dari keluarga Carcharhinidae. Hal ini biasa terjadi di perairan tropis dan subtropis pesisir di seluruh dunia, termasuk habitat payau.

Saat ini data pengujung yang tercatat di Stand Kabupaten Konkep telah mencapai 554 pengunjung. (b)

 


Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib