iklan zonasultra

Imunisasi MR di Buton Tuntas 55 Persen

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buton Sumardin
Sumardin

ZONASULTRA.COM,PASARWAJO-Dinas Kesehatan Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) sejauh ini sudah sukses menggelar imunisasi Measles Rubela (MR) hingga 55 persen. Bila dikonversi, hampir sebulan hajatan nasional itu dikerjakan, sudah ada 16.265 anak yang diberi vaksin.

“Target kita adalah 27.464 anak, sampai September nanti,” kata Sumardin, Kadis Kesehatan Buton, Senin (20/8/2018). Ia optimis bisa mencapai target yang telah ditentukan tersebut meskipun waktu pada tahap pertama sudah tinggal menghitung hari. Untuk itu, pihaknya melalui tenaga-tenaga kesehatan di masing-masing puskesmas turun langsung ke sekolah-sekolah atau tempat-tempat yang telah ditentukan untuk melakukan imunisasi.

“Saya yakin target itu bisa tercapai, maka dari itu kami menjemput bola. Karena imunisasi MR ini sangat penting bagi kekebalan tubuh anak khususnya anak diusia sasaran 9 bulan sampai 15 tahun,”ujar Sumardin, yakin. Dikatakannya, salah satu dampak bagi anak yang tidak mendapatkan imunisasi MR yaitu antara lain akan mengalami kelainan jantung, tuli, kerusakan jaringan otak, radang paru-paru, radang otak, kebutaan, diare, dan gizi buruk.

iklan zonasultra

Untuk itu, Sumardin mengimbau kepada seluruh pihak, terutama orang tua siswa agar tidak takut membawa atau mengizinkan anak-anaknya ke tempat-tempat imunisasi yang telah ditentukan. Dirinya mengaku, bahwa sebelum melakukan imunisasi MR kepada anak terlebih dulu dilakukan sosialisasi, dan yang terpenting adalah mendapat izin dari orang tua siswa sebelum imunisasi dilakukan.(C)

 


Reporter : Nanang
Editor : Abdi MR

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib