iklan zonasultra

Informasi 10 Warga Konut ODP Corona Dipastikan Hoaks

Informasi 10 Warga Konut ODP Corona Dipastikan Hoaks
COVID 19- Selebaran tabel pendekatan cluster Covid-19 yang memuat 10 warga Konawe Utara masuk ODP Virus Corona. (Jefri/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM,WANGGUDU– Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), menyatakan bahwa informasi 10 warga di wilayah Konut masuk ketegori Orang Dalam Pengawasan (ODP) Covid-19 atau corona adalah hoaks.

Sebelumnya, beredar informasi melalui media sosial yang isinya berupa tabel pendekatan cluster (per 23 Maret 2020) bahwa terdapat 10 warga Konut masuk dalam ODP Covid-19. Tak hanya Konut, daerah lainnya di Sultra juga diinformasikan terdapat ODP dengan jumlah bervariasi.

Kepala Dinkes Konut, Nurjannah Efendi mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum ada menemukan warga di daerah Konut yang terindikasi tertular virus corona atau masuk dalam ketegori ODP dan Pasien Dalam Pegawasan (PDP).

iklan zonasultra

“Saya heran datanya dari mana, siapa yang bilang, dan masyarakat yang mana? Belum ada sampai saat ini keluhan terkait penyebaran virus corona atau ODP, itu tidak benar,” tegasnya melalui sambungan telepon, Selasa (24/3/2020).

(Baca Juga : Total ODP Kasus Corona di Sultra Capai 982 Orang)

Disampaikannya, seluruh tim medis gabungan baik dari dinkes maupun puskesmas yang disiagakan terus melakukan pemantauan, pengawasan, dan komunikasi di lapangan dengan tujuan untuk memastikan kondisi kesehatan masyarakat di daerah tersebut benar-benar baik.

“Jika ada keluhan yang mendekati atau terindikasi penyakit pasti langsung di sampaikan, dikoordinasikan kepada kami. Tapi ini sampai sekarang tidak ada, apalagi bilang ODP. Kami ada data,” ujarnya.

“Masyarakat maupun Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sempat berkunjung keluar kota itu kami karantina rumah dan terus kita pantau, awasi perkembangannya. Jadi, sekali lagi sama sekali tidak ada masyarakat Konawe Utara masuk ODP,” tutupnya. (B)

 


Reporter:Jefri Ipnu
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib