Infrastruktur Jadi Salah Satu Fokus Pembangunan Butur 2021

224
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Butur, Harmin Hari
Harmin Hari

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Pemantapan infrastruktur menjadi salah satu isu strategis pembangunan Kabupaten Buton Utara (Butur) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada tahun 2021 ini.

Hal ini dinilai perlu dilakukan mengingat mobilitas masyarakat setiap tahunnya kian meningkat. Pemantapan ruas jalan dan jembatan di antaranya karena akses transportasi darat saat ini menjadi pilihan utama masyarakat saat bepergian.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Butur, Harmin Hari memaparkan, selain pemantapan ruas jalan dan jembatan, perbaikan pelabuhan yang telah beroperasi turut menjadi fokus pembangunan insfrastruktur di antaranya, pelabuhan Lelamo Kecamatan Kulisusu Utara dan pelabuhan Fery Labuan Kecamatan Wakorumba Utara.

Kemudian, kata Harmin Hari, pembangunan bandar udara (bandara) juga masuk dalam skala prioritas. Pemda Butur saat ini telah memasukan studi analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) serta studi kelayakan sebagai prakondisi pembangunannya nanti.

“Kita akan mulai bangun bandara setelah semua persyaratan rampung. Di tahun berikutnya pembangunannya dimulai dan dalam lima tahun sudah bisa beroperasi,” ujar Harmin ditemui di ruang kerjanya, Kamis (7/1/2021).

Ia berharap pemantapan insfrastruktur yang akan terus digenjot tersebut dapat mempermudah masyarakat dalam hal akses transportasi, tidak hanya mengandalkan jalur darat dan laut. Di samping itu, hadirnya bandara pun dapat mempermudah pemerintah daerah dalam mengembangkan sektor pariwisata yang ada di Butur.

Selain pemantapan insfrastruktur, peningkatan sumber daya manusia (SDM) serta pengembangan potensi ekonomi dan industri lokal juga menjadi prioritas pembangunan Butur 2021. (C)

 


Kontributor : Ifang Wilyas
Editor: Muhamad Taslim Dalma

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini