Honda

Ingin Jadi Pengusaha Sukses, Surunuddin: Jujur dan Tak Mudah Putus Asa

Ingin Jadi Pengusaha Sukses, Surunuddin: Jujur dan Tak Mudah Putus Asa
CENDERA MATA - Bupati Konsel Surunuddin Dangga didampingi wakilnya Arsalim Arifin saat menerima cendera mata yang diberikan oleh pimpinan cabang PT. PNM, Salim, Rabu (9/10/2019) (ERIK ARI PRABOWO/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM,ANDOOLO-Bupati Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) Surunuddin Dangga hadir di acara Talk Preneur yang diinisiasi oleh komunitas Konsel Creative (KC) bertempat di Taman Kota Andoolo, Rabu (9/10/2019).

Di hadapan ratusan peserta dari kalangan pengusaha mikro, kecil dan menengah, Surunuddin mengungkapkan rahasia sukses membangun usaha.

Menurut Surunuddin, untuk jadi pengusaha, dibutuhkan kejujuran dan konsistensi dalam menjalankan usaha agar bisa terus berkembang. Pengusaha dituntut harus memiliki pemahaman tentang bisnis yang digelutinya, serta mampu mengendalikan emosi untuk mengefisienkan pengeluaran saat memenuhi kebutuhan hidup.

iklan zonasultra

“Harus jujur, kalau tidak bagaimana caranya kita mau jalan terus, baru jalan sedikit, kita sudah dicari-cari sana sini. Dan berwirausaha itu harus konsisten, jangan mudah patah semangat, semakin kita gagal semakin buat diri kita lebih banyak tahu,” kata Surunuddin dalam acara itu.

Orang nomor Satu di Konsel itu pun menuturkan, saat dirinya memutuskan untuk menjadi seorang pedagang, ia harus meminjam sejumlah uang ke Bank untuk menambah modal usahanya.

(Baca Juga : Surunuddin: Konsel Kalau Mau Maju Harus Banyak Pengusaha)

“Saya dulu diberi kepercayaan sejuta, setelah itu Lima jutaaan, terus naik puluhan juta. Sekarang biar Miliaran orang berani, karena itulah kepercayaan, pengusaha harus punya komitmen dalam dirinya,” paparnya.

Untuk itu, mantan anggota DPRD Sultra ini sangat mengapresiasi kegiatan komunitas Konsel Creativ tersebut, yang didukung oleh beberapa sponsor perusahaan milik negara (BUMN) maupun swasta termasuk Zonasultra.com.

Di tempat yang sama, pimpinan cabang PT. Permodalan Nasional Madani (PNM) Kendari, Salim, menuturkan. selaku sposor utama, pihaknya bakal melakukan pembinaan juga bantuan permodalan kepada setiap masyarakat yang mau beriwrausaha.

“Jadi konsep kita ada dua, memberikan pembinaan dan modal. Dua konsep ini jalankan secara bersamaan, sehingga tujuan utama kita dapat terwujud secara maksimal dimasyarakat,” ungkap Salim.

Ingin Jadi Pengusaha Sukses, Surunuddin: Jujur dan Tak Mudah Putus Asa
Bupati Konsel Surunuddin Dangga bersama wakilnya Arsalim Arifin saat mengunjungi stan pameran produk usaha kreatif yang dibuat oleh para pengusaha kreatif di Konsel, Rabu (9/10/2019)

Sementara itu, Ketua Komunitas Konsel Creative Yudha Prawirawan memaparkan, pihaknya menyasar para pengusaha muda, kreatif yang memiliki tekad untuk terus belajar. Dalam laporanya, jumlah peserta pendaftar yang dibuka melalui Aplikasi Google Form, total sebanyak 120 dari target 100 peserta yang dibuka selama 10 hari.

(Baca Juga : Lagi, Bupati Konsel Terima Penghargaan Pembangunan Infrastruktur)

“Pesertanya dari berbagai Usaha Kreatif dan UMKM Sekabupaten Konsel,” terangya.

Di lokasi yang sama, Kepala Bidang (Kabid) Ekonomi Kreatif (Bekraf) Dinas Pariwisata Konsel, Suartin menambahkan, pihaknya terus berupaya mendorong para pengusaha kreatif didaerah itu untuk terus berkarya.

“Alhamdulillah, berkat perhatian khusus dari Pemerintah daerah dengan kegiatan seperti ini, para pengusaha kreatif di Konsel terus menunjukan perkembangan dengan baik,” tutup Suartin.

Dalam acara ini, turut dihadiri Wakil Bupati Konsel Arsalim Arifin, Kepala Dinas (Kadis) Perindustrian dan Perdagangan Siti Chadijah, Kadis Koperasi dan Usaha Kecil menengah, Nunti Sapri bersama jajaran pemerintah daerah lainya. (a)

 


Kontributor : Erik Ari Prabowo
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib