iklan zonasultra

Ini Cara Dukung Sultra di Anugerah Pesona Indonesia 2018

Ini Cara Dukung Sultra di Anugerah Pesona Indonesia 2018

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sukses masuk dalam tujuh nominasi Anugerah Persona Indonesia (API) tahun 2018, kini masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra) harus bersatu memberikan dukungan agar Bumi Anoa dapat meraih penghargaan di setiap kategori tersebut.

Adapun tujuh kategori yang dimaksud yaitu:

1. Makanan Tradisional Terpopuler
Pada kategori ini Sultra berhasil memasukkan makanan tradisonal Sinonggi dari Kota Kendari.

2. Dataran Tinggi Terpopuler
Nominasi ini, wisata alam Puncak Ahuawali, Kabupaten Konawe berhasil masuk dan harus bersaing dengan dataran tinggi lainnya yang ada di Indonesia.

3. Situs Sejarah Terpopuler
Untuk situs sejarah terpopuler, Sultra harus mengandalkan Gua Liangkabori yang berada di Kabupaten Muna.

4. Surga Tersembunyi Terpopuler
Kategori surga tersembunyi terpopuler keindahan wisata Pulau Namu mampu menjadikannya masuk dalam jajaran nominasi dan bersaing dengan wisata lain yang ada di Indonesia.

5. Tujuan Wisata Baru Terpopuler
Pulau Labengki, Kabupaten Konawe Utara (Konut) masuk sebagai nominasi tujuan wisata baru terpopuler dalam ajang API tahun 2018.

6. Promosi Parawisata Digital Terpopuler
Wakatobi masuk sebagai nominasi dalam kategori ini yakni wakatobitourism.com dan harus bersaing denga nominasi lainnya.

7. Obyek Wisata Unik Terpopuler
Wisata unik terpopuler Sultra menempatkan Goa Loba-Loba, Kabupaten Buton Tengah (Buteng).

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sultra Syahruddin Nurdin mengatakan, suatu kesyukuran Sultra dapat masuk dalam tujuh nominasi di atas. Sebab ini menjadi gambaran bahwa Sultra tidak kalah indah dengan daerah lain.

“Nah, agar Sultra dapat memenangkan setiap kategori tersebut, mari kita dukung bersama melalui vote di aplikasi dan SMS,” ungkap Syaruddin Nurdin kepada zonasultra.com, Selasa (19/6/2018).

Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk memberikan vote yaitu melalui aplikasi API yang dapat diunduh melalui Google Playstore.

Kemudian melalui SMS dengan format API spasi kode nominasi kirim 99386. Untuk kategori Makanan tradisional terpopuler Sinonggi kode nominasinya 1I, kategori dataran tinggi terpopuler Puncak Ahuawali kode nominasinya 6A, kategori situs sejarah terpopuler kode nominasinya 10D.

Selanjutnya kategori Surga tersembunyi terpopuler Pulau Namu kode nominasinya 18I, kategori tujuan wisata baru Pulau Labengki kode nominasinya 17H, kategori promosi digital pariwisata terpopuler wakatobitourism.com kode nominasinya 13J serta kategori obyek wisata unik terpopuler Gua Loba-loba kode nominasinya 16D.

“Contoh misal dukung Sinonggi, formatnya API 1I kirim 99386,” jelasnya.

Tahun ini Kementerian Pariwisata (Kemenpar) memantapkan 18 kategori/nominasi yakni Makanan Tradisional Terpopuler, Minuman Tradisional Terpopuler, Wisata Olahraga dan Petualangan Terpopuler, Wisata Air Terpopuler, Ekowisata Terpopuler, Dataran Tinggi Terpopuler, Cendera Mata Terpopuler, Atraksi Budaya Terpopuler, Kampung Adat Terpopuler.

Situs Sejarah Terpopuler, Wisata Halal Terpopuler, Festival Pariwisata Terpopuler, Promosi Pariwisata Digital Terpopuler, Wisata Kreatif Terpopuler, Wisata Belanja Terpopuler, Obyek Wisata Unik Terpopuler, Tujuan Wisata Baru Terpopuler dan Surga Tersembunyi Terpopuler.

Proses voting telah dibuka sejak 1 Juni dan berakhir pada 31 Oktober 2018. Sementara pengumumannya akan digelar pada November 2018 mendatang. (B)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib