Ini Instruksi Kapolri Jelang Unjuk Rasa Jumat Siang Jumat, 4 November 2016

65
Kepala Polri Jenderal Pol Tito Karnavian
Kepala Polri Jenderal Pol Tito Karnavian
Kepala Polri Jenderal Pol Tito Karnavian
Kepala Polri Jenderal Pol Tito Karnavian

 

ZONASULTRA.COM – Kepala Polri Jenderal Pol Tito Karnavian memberikan sejumlah instruksi kepada aparat kepolisian dalam pengamanan aksi unjuk rasa pada Jumat (4/11/2016) siang.

Kapolri memerintahkan agar polisi melaksanakan tugas pengamanan dan melindungi pengunjuk rasa agar berlangsung tertib dan damai.

“Lindungi warga dari tindakan pelanggaran hukum,” ujar Tito dalam instruksinya.

Tito meminta agar polisi jangan sampai terprovokasi dan memprovokasi aksi anarkistis. Jangan sampai emosi terpancing sehingga melakukan tindakan paksa yang semestinya tidak perlu dilakukan.

Polisi diminta bersabar dalam menghadapi massa yang berunjuk rasa.

Selain itu, imbauan juga ditujukan kepada pendemo yang mulai beraksi usai shalat Jumat nanti.

Tito mengatakan, masyarakat berhak menyampaikan pendapatnya di muka umum dan bebas berekspresi. Namun, harus dilakukan dengan damai dan tetap dalam koridor hukum.

“Pegang teguh itu agar tidak mengganggu hak asasi warga lainnya, tidak mengganggu ketertiban umum, mengindahkan etika dan moral sebagai orang timur dan menjaga persatuan kesatuan bangsa,” kata Tito.

Kepada  masyarakat lain yang tak ikut berdemo, Tito meminta agar tetap tenang.

Masyarakat juga  diminta menghindari titik-titik demo agar terhindar dari kemacetan. Ia menekankan agar tidak mudah terprovokasi dengan seruan atau informasi yang belum jelas kebenarannya di media sosial.

“Jangan meng-upload dan men-share info medsos yang tidak jelas. Karena banyak info-info yang di-upload dan di-share yang tidak benar dan berbau provokatif,” kata Tito.

 

Sumber: Kompas.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini