Ini Penyebab Satu Jemaah Haji Asal Kendari Dipulangkan Lebih Awal

Kepala Kementerian Agama Kota Kendari Samsuri
Samsuri

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sering mengalami gangguan pikiran, Hj. Hasiah Bin Lafaru (65), jemaah haji (JH) kloter 19 UPG asal Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) dipulangkan lebih awal dari jadwal yang kepulanangan yang seharusnya pada 23 September 2017 nanti.

Kepala Kementerian Agama Kota Kendari Samsuri
Samsuri

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari Samsuri mengatakan, sebelum dipulangkan, jemaah tersebut sudah dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) karena sakit yang ia alami. Meski dipulangkan lebih awal, namun Hasiah telah menuntaskan semua rangkaian ibadah wajib hajinya.

“Sudah diberangkatkan mengikuti kloter 2 UPG, Jumat (8/9/2017) malam. Semua jejak ibadahnya sudah tuntas,” tulis Samsuri melalui pesan WhatsApp kepada zonasultra.com, Sabtu (9/9/2017).

Saat ini, kata ketua rombongan jemaah haji kloter 19 itu, Jemaah Haji yang telah menuntaskan rangkaian wajib haji, kini fokus melaksanakan ibadah sambil menunggu waktu kepulangan. Hanya saja, bagi perempuan yang berhalangan masih menyelesaikan tawaf.

Dia menambahkan, rombongan jemaah haji pada 13 September 2017 akan menuju Madinah. Setelah berada di Madinah, jemaah haji akan melaksanakan Sholat Arbain di Masjid Nabawi dan ziarah-ziarah. Ungkapnya, semua kondisi jemaah haji dalam keadaan cukup baik.

Sebagai informasi, keseluruhan jemaah haji asal Sultra tahun ini berjumlah 2.012 orang. Namun jumlah itu berkurang menjadi 2.008 karena ada empat jemaah yang meninggal dunia. Terdiri dari Kloter 19 berjumlah satu orang, kloter 21 dua orang, dan kloter 22 satu orang. (B)

 

Reporter : Sitti Nurmalasari
Editor: Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here