iklan zonasultra

Ini Pesan Kadis Pendidikan Kepada Guru TK Wakatobi

ZONASULTRA.COM, Wangi-wangi – Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara, La Ode Puasa menekankan kepada para guru taman kanak-kanak (TK) di daerah tersebut untuk selalu menunjukkan perilaku positif di hadapan anak-anak didiknya.

Hal itu diungkapkan Puasa saat menghadiri perayaan HUT Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) yang tergabung dalam Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-65, Sabtu (23/5/2015). Acara ini dihadiri guru TK se Kecamatan Wangi-wangi dan Wangi-wangi Selatan.
Dikatakan, guru pendidikan anak usia dini (PAUD) atau TK sangat dituntut untuk mengedepankan keramahtamahan dengan menjaga tutur kata sehingga mereka dengan mudah bisa menjadi pengayom. Guru TK juga dituntut untuk mampu memberi pemahaman kepada muridnya akan pentingnya menjalin hubungan dengan sesama.
“TK adalah sekolah pertama yang ditempuh oleh seorang anak. Pada usia ini mereka cenderung mengikuti apa yang mereka lihat sehingga guru yang mengajarkan mereka juga harus menunjukkan hal-hal yang positif. Kalau ada anak yang salah, diajarilah. Jangan dimarahi apalagi sampai dipukul,” kata Puasa. 
Anak usia dini, lanjutnya, masih rentan dengan kebutuhan bermain. Karena itu, setiap guru harus memahami hal tersebut dan mengarahkan muridnya dengan baik, mulai dari bertutur kata yang baik, berpakaian yang sopan hingga pentingnya menjaga alam sekitar.
“Pendidikan usia dini merupakan langkah awal anak menerima didikan, mendengarkan dan memahami sesuatu pada tahapan awal. Maka didiklah mereka dengan benar agar kelak menjadi anak-anak terbaik kebanggaan daerah, bangsa dan negara kita”, tutup Puasa. (Ahmad Dylun)

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib