iklan zonasultra

Ini Prakiraan Curah Hujan di Sultra Hingga 3 Bulan ke Depan

ilustrasi bmkg, mtq, hujan, cuaca
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Stasiun Klimatologi Ranomeeto, Konawe Selatan (Konsel) merilis prakiraan cuaca untuk tiga bulan ke depan. Secara umum wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) diprakirakan terjadi hujan dengan intensitas menengah hingga tinggi.

Senior Forecaster Stasiun Klimatologi Konsel, Siti Risnayah mengatakan, curah hujan tiga bulan ke depan secara umum diprediksi dalam kategori menengah sampai dengan tinggi (151 – 500 mm/bulan), kecuali sebagian wilayah Konawe Utara diprediksi mengalami curah hujan kategori sangat tinggi (>500 mm/bulan) dan terus meluas hingga ke wilayah Konawe, Konawe Selatan, Kolaka Timur, dan Kolaka pada April 2020.

Baca Juga : Potensi Hujan Lebat Disertai Angin dan Kilat Terjadi Hingga Akhir Januari

iklan zonasultra

“Perlu diwaspadai juga pada Februari mendatang diprediksi terdapat potensi banjir di wilayah Konawe (Bondoala, Sampara, Unaaha), Konawe Selatan (Mowila), dan Konawe Utara (Andowia, Asera, Landawe, Langgikima, Oheo, Wiwirano),” jelas Siti Risnayah saat dihubungi, Selasa (28/1/2020).

Sedangkan untuk daerah kota Kendari, diprediksi curah hujannya menengah sampai dengan tinggi, berkisar antara 201 – 400 mm/bulan.

Baca Juga : Mendagri Imbau Pemda Siaga Hadapi Musim Penghujan

Melalui peta sebaran bulan Februari juga terlihat untuk Kabupaten Muna, Muna Barat, Wawonii, Wakatobi, Bombana, dan seluruh kabupaten di Pulau Buton diprediksi akan mengalami curah hujan menengah.

Pada Maret sampai April beberapa daerah yang tadinya mengalami curah hujan menengah, diprediksi akan mengalami curah hujan tinggi. (b)

 


Penulis : M3
Editor : Jumriati

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib