iklan zonasultra

Ini Prioritas Penyusunan RKPD Konut Tahun 2019

Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Konut Antariksa
Antariksa

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) telah usai diselenggarakan, Kamis (15/3/2018). Dalam musrembang tersebut terdapat beberapa skala prioritas pemda setempat dalam melakukan penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) untuk tahun 2019 mendatang.

Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Konut Antariksa mengatakan, pada musrembang tingkat Kabupaten Konut ada lima hal yang menjadi skala prioritas pembangunan yang bakal dilakukan pada 2019 mendatang.

Antariksa menyebutkan pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas, pembangunan infrastruktur wilayah yang memadai, pembangunan ekonomi wilayah melalui pertanian dan peningkatan nilai tambah, industri pengelolaan sumber daya alam, pngembangan UMKM dan pariwisata, peningkatan akuntabilitas dan tata kelola pemerintahan daerah dan desa.

“Musrenbang ini punya kedudukan yang sangat penting dan strategis untuk membahas kebijakan dan prioritas
pembangunan di Kabupaten Konawe Utara satu tahun ke depan. Dan ini juga sebuah forum koordinasi antar pemangku kepentingan yang dilakukan pada awal proses pembangunan, untuk merumuskan kebijakan pembangunan daerah, yang muara akhirnya adalah
tersusunnya RKPD,” ujar Antariksa, Jumat (16/3/2018).

Lebih jauh Antariksa mengatakan, kebijakan prioritas tersebut juga dalam rangka mensukseskan “Agenda Pombehawa” yaitu poros pembangunan ekonomi holistik berbasis kawasan. Di samping itu perlu diantisipasi pula prioritas program kegiatan yang memerlukan perhatian dan komitmen kita, guna mendukung sinergitas antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten.

“Seperti penyediaan dana pendampingan untuk program atau kegiatan di berbagai sektor melalui dana DAK, tugas pembantuan dan bantuan keuangan kabupaten dari provinsi serta program kerjasama lintas daerah,” katanya.

“Inilah yang harus didukung oleh semua stakeholders pembangunan daerah, baik pemerintah, masyarakat, maupun swasta misalnya melalui program corporate social responcibility (CSR). Karena pada dasarnya keberhasilan pembangunan ini merupakan tanggung jawab kita bersama,” lanjutnya.

Dia menambahkan, penyusunan RKPD Konut tahun 2019 mengambil tema “Memantapkan Pembangunan yang Merata dan Berkualitas untuk Mendorong Perekonomian Daerah”. Tema tersebut sesuai dengan yang tertuang dalam rancangan prioritas pembangunan Kabupaten Konawe Utara tahun 2019. (B)

 


Reporter: Murtaidin
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib