iklan zonasultra

Ini Program Nawacita yang Belum Dimanfaatkan Masyarakat Sultra

Direktur Pembiayaan Syariah LPDB, Jaenal Arifin
Jaenal Arifin

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Sebagian besar masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra) belum memanfaatkan Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB). Terutama program nawacita LPDB yang menyasar pada sektor pertanian, perkebunan dan perikanan.

“Penyaluran di Sultra masih kecil. Masih banyak masyarakat yang belum banyak merespon pembiayaan dari LPDB bila dibandingkan dengan daerah Jawa,” ujar Direktur Pembiayaan Syariah LPDB, Jaenal Arifin saat dikonfirmasi pada Kamis (7/6/2018).

Oleh sebab itu pihaknya akan mengadakan sosialisasi di Sultra sekitar bulan September. Apalagi ada tiga sektor yang diberikan spesial rate 4,5 persen per tahunnya.

“Program nawacita untuk sektor pertanian, perkebunan dan perikanan. Itu bunganya hanya 4,5 persen menurun setara dengan 2,47 atau 0,20 sekian kalo dirata-ratakan per bulan,” imbuhnya.

Jaenal mengatakan bahwa tiga sektor ini merupakan sektor yang banyak digeluti oleh masyarakat. Oleh sebab itu pihaknya memberikan spesial rate yakni 4,5 % per tahun menurun. Lebih rendah daripada skim pembiayaan sektor-sektor lainnya.

Sedangkan lembaga perbankan justru biasanya menghindari tiga sektor ini. LPDB menghimbau agar program-program yang ada dapat direspon dan dimanfaatkan semaksimal mungkin. (B)

 


Reporter: Rizki Arifiani
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib