iklan zonasultra

iklan zonasultra

Ini Tiga Objek Wisata Favorit di Buton Tengah

Pantai Mutiara
Pantai Mutiara

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Momen liburan Lebaran yang cukup panjang kali ini, pastinya sangat disayangkan kalau hanya sekedar berdiam diri di rumah. Sementara, banyak tempat indah di luar sana yang bisa menghilangkan penat dan stres akan rutinitas pekerjaan sehari-hari.

Waktu liburan menjadi kesempatan bagi anda dan keluarga maupun sahabat untuk menghabiskan waktu bersama mengunjungi berbagai objek wisata. Menjadi lokasi bercengkrama santai, sambil menikmati keindahan alam mahakarya sang pencipta.

Bukan hanya itu, semua objek wisata tersebut bisa menjadi momen untuk berbagi kenangan dengan berswafoto ria. Tentunya dengan latar-latar yang bisa mengundang orang lain untuk datang ke lokasi tersebut.

(Baca Juga : 7 Surga Wisata Tersembunyi di Sulawesi Tenggara)

Seperti di Kabupaten Buton Tengah. Ada tiga lokasi wisata yang bisa dikunjungi masyarakat sebagai destinasi liburan bersama keluarga dan sabahat.

Untuk menuju objek wisata yang dimaksud jalan yang ditempuh sebagian besar pengerasan dan berlubang. Sehingga, Anda bisa menghabiskan sebagian dari waktu yang ada di jalan. Berikut tiga tempat wisata yang ramai dikunjungi masyarakat Buteng.

1. Pantai Katembe.

Terletak di Desa Madongka, Kecamatan Lakudo, Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara (Sultra), dari kejauhan Anda disuguhkan hamparan pasir putih yang membentang memanjang.

Pantai ini tak hanya menarik wisatawan lokal dari Buteng, beberapa warga dari kabupaten lainnya pun terlihat selalu menjadikan Pantai Katambe sebagai pilihan rekreasi di musim liburan lebaran maupun musim libur lainnya.

Seperti halnya Fasya (20) pengunjung dari Kabupaten Muna bersama keluarganya kembali menjadikan lokasi wisata ini sebagai destinasi libur lebaran guna menghabiskan waktu yang cukup panjang tersebut.

Menurutnya, Pantai Katembe memiliki daya tarik akan garis pantainya yang lebar dan luas. Dari pesisir pantai ke laut, seolah ada lapangan pasir berwarna putih yang sangat memanjakan mata.

(Baca Juga : Pesona Puncak Ahuawali Konawe, Keindahan Negeri di Atas Awan)

Di belakang pantai itu, ada tanah lapang yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Selain itu, di pantai ini, pengunjung akan disuguhkan dengan rimbunnya pohon kelapa yang berbaris rapi dibibir pantai.

Juga, memiliki banyak spot-spot yang bisa dijadikan latar berswafoto ria. Tidak hanya itu, beningnya air laut dengan perpaduan hijau birunya, menarik Anda untuk sejenak berenang di atas hamparan laut nan indah itu.

2. Pantai Wantopi

Pantai Wantopi juga merupakan pantai pasir putih yang berada di Teluk Lasori di Desa Wantopi, Mawasangka Timur, Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pantai Wantopi
Pantai Wantopi

Di pantai dalam teluk yang dikelilingi air laut, terdapat hamparan pasir putih dan pohon kelapa di atas pulau kecil tak berpenghuni. Ketika air pasang, bentangan pasir putih akan nampak seperti terbelah dua.

Hanya ada rumah petani rumput laut, lapangan, mesjid tua yang sudah rusak dan dipenuhi rumput di dalamnya, beberapa makam dan kapal karam di depannya.

Salah satu pengunjung Pantai Wantopi, Sri Muliawan (25) menilai pantai ini sangat indah dan panjang. Dia mengunjungi lokasi pantai bersama sahabat semasa sekolah, melakukan swafoto dengan latar pantai pasir putih nan indah itu.

Pantai Wantopi
Pantai Wantopi

“Bagus view untuk fotonya. Apalagi kalau arah ke Wamengkoli,” ujarnya kepada zonasultra.com beberapa waktu lalu.

3. Pantai Mutiara

Pantai Mutiara merupakan pantai pasir putih nan halus yang membentang memanjang hampir di sepanjang Desa Gumanano, Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara.

Laut bening dengan pasir putih semakin menambah keindahan pantai eksotis yang terdapat di Buton Tengah itu. Sangat cocok menjadi lokasi berfoto bersama orang terkasih.

Pantai Mutiara
Suasana sore hari di Pantai Mutiara

Menurut salah satu pengunjung asal Kota Kendari, Abdul Azan (26) Pantai Mutiara bersih dengan degradasi warna air lautnya yang bagus. Selain itu, pasirnya halus, putih, dan bersih.

“Pantainya sangat mudah diakses. Banyak gazebo-gazebo dengan atap yang lumayan bagus,” tuturnya.

Namun sayangnya, lokasi wisata tersebut bertebaran sampah plastik air mineral, cup pop mie, plastik snack, dan lainnya. Pemandangan yang sangat disayangkan, mengingat pantai-pantai ini sangat menarik akan keindahannya. (B)

 


Reporter : Sitti Nurmalasari
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib