iklan zonasultra

Ini Tips Agar Asam Lambung Tidak Kambuh Saat Puasa

Ilustrasi Asam Lambung
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Momen puasa selalu dinanti oleh seluruh umat muslim di dunia. Berpuasa adalah kewajiban umat muslim, menahan lapar dan haus mulai dari terbitnya matahari sampai terbenamnya matahari atau sekitar 14 jam lamanya.

Ibadah puasa bisa terhambat bila penyakit menyerang. Salah satu penyakit yang kadang menjadi momok saat berpuasa adalah asam lambung atau maag. Tidak jarang, banyak dari penderita sakit ini merasa khawatir dan takut untuk berpuasa selama bulan ramadan. Alasannya tentu adalah karena takut, khawatir maag yang dideritanya kambuh bila berpuasa.

Dilansir dari siaran pers Philips, yang diterbitkan oleh Kompas.com, penyakit maag atau asam lambung, tidak menjadi halangan atau larangan untuk berpuasa. Hal itu disampaikan oleh Nutrisionis dan Ketua Indonesia Sport Nutritionist Association, Dr Rita Ramayulis, DCN, M.Kes.

Baca Juga : Empat Hal Penting Ini Mesti Dijaga Selama Berpuasa

Menurut Rita, berpuasa justru dapat membantu mengatasi asam lambung. Hal itu sesuai dengan penelitian bahwa berpuasa dapat mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan teratur. Penderita asam lambung yang berpuasa dapat menurunkan gejala asam lambung mereka.

“Selama dilakukan dengan benar dan tidak makan berlebihan saat berbuka puasa. Berpuasa dengan cara-cara yang benar akan membantu mengatasi asam lambung,” ujar Rita, dikutip dari Kompas.com.

Meski begitu, penyakit asam lambung dapat diatasi selama puasa. Caranya, dengan menjaga pola makan saat sahur dan berbuka. Penderita penyakit asam lambung pun, tidak dianjurkan untuk bersantap makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung.

Baca Juga : Ini Penyebab Bau Mulut Saat Anda Berpuasa

Hal yang tak dianjurkan misalnya mengonsumsi segelar air putih hangat dengan cemilan ringan sebelum sahur. Juga disarankan tidak mengomsumsi makanan dalam jumlah porsi besar pada saat sahur.

Pada saat berbuka, penderita asam lambung dianjurkan untuk berbuka dengan air putih bersuhu hangat, guna menghindari naiknya asam lambung akibat dari minum-minuman dingin dan bersoda.

Terakhir, penderita asam lambung juga dianjurkan untuk menyantap camilan ringan yang bersumber dari buah-buahan atau bubur kacang hijau menjelang tidur malam. (B)

 


Penulis: Randi Ardiansyah
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib