iklan zonasultra

Isteri Mantan Bupati Buton Terpilih Menjadi Wakil Bupati

Pasca Putusan MK, Besok KPU Konut Tetapkan Paslon Terpilih
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, BUTON – Isteri mantan Bupati Buton Samsu Umar Abdul Samiun, Iis Eliyanti terpilih sebagai Wakil Bupati Buton. Iis terpilih dalam sidang paripurna pemilihan yang digelar di kantor DPRD setempat.

Pemilihan itu terjadi Senin siang tadi, Iis unggul dari rivalnya Rian Siombiwi, dengan selisih terpaut jauh. Iis mendapatkan dukungan 22 suara dari 25 anggota yang hadir. Sedangkan Rian yang menjabat sebagai sekretaris partai Demokrat Buton, hanya meraih dukungan dua suara adapun satu abstain.

Setelah pemilihan yang dilangsungkan dengan sistem mencoblos itu, Iis pun ditetapkan sebagai wakil bupati mendampingi La Bakry sebagai bupati untuk menjalankan roda pemerintahan di sana untuk p4 tahun mendatang.

Penetapan Iis sebagai(Wabup) Buton,berdasarkan surat Bupati Buton Nomor 131 atas usulan partai pengusung politik yang diajukan kepada Bupati Buton La Bakry pada 13 November 2018.

Ketua DPRD Kabupaten Buton Laode Rafiun memberikan selamat atas terpilihnya Iis Eliyanti sebagai wakil bupati.

“Semoga ibu Iis,dapat menjadi pemimpin yang jujur,dan amanah,” kata La ode Rafiun, yang ditemui usai sidang paripurna Senin sore tadi.

Istri dari mantan Bupati Buton Samsu Umar Samiun,sebelumnya pernah menjabat sebagai legislator Partai Amanat Nasional namun mundur dari jabatanya.

Untuk diketahui Iis sendiri menggantikan La Bakry sebagai wakil bupati. La Bakry menggantikan Umar Samiun sebagai bupati. Sebelumnya pada Pilkada Buton 2017 lalu, Umar Samiun bersama La Bakry maju dalam pencalonan bupati dan wakil bupati. Saat pemilihan keduanya calon tunggal, mereka melawan kotak kosong. Keduanya pun unggul dari kotak kosong dengan raihan suara 55,08 persen atau 27.512 suara. Adapun warga yang memilih kotak kosong sebanyak 22.438 suara.

Pada pemilihan kala itu, Umar Samiun berstatus sebagai tahanan KPK karena tersandung kasus korupsi suap mantan ketua Mahkama Konstitusi Akil Mochtar. (B)

 


Penulis : M5
Editor : Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib