Honda

Jalan Ring Road di Muna Barat Mulai Dihitamkan

Jalan Ring Road di Muna Barat Mulai Dihitamkan
RING ROAD - Pengaspalan jalan lingkar (ring road) Kota Laworo, Kabupaten Muna Barat (Mubar), yang dilakukan pada paket Desa Lafinde-Maperaha, Selasa (17/9/2019). (Kasman/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Jalan lingkar (ring road) Kota Laworo, Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra), sudah mulai dihitamkan atau diaspal. Pengaspalan jalan lingkar ini ditargetkan selesai pada Desember 2019.

Kepala Dinas PUPR Mubar, Karimin mengatakan sejauh ini kondisi pekerjaan jalan lingkar (ring road Laworo) tinggal satu paket yang belum melakukan penghamparan tahap lapis fondasi B, yakni paket Desa Maperaha-Guali. Alasannya, dikarenakan paket tersebut terlambat keluar dan sekarang masih dalam mobilisasi pengangukan material kelas B.

“Untuk pengaspalan ring road Kota Laworo ini, baru paket Desa Lafinde-Maperaha sepanjang lima kilometer yang baru melakukan tahap pengaspalan. Insyaallah sebelum perayaan HUT Mubar, sesuai komunikasi saya dengan pihak kontraktor bahwa paket Desa Wuna-Lafinde dan Guali-Lakawoghe akan diaspal juga,” kata Karimin saat ditemui di kantornya, Selasa (17/9/2019).

iklan zonasultra

Kata Karimin, dalam pengaspalan ini ketebalan padatnya mencapai 6 cm. Sedangkan hamparannya itu mencapai 7,5 cm, dan jenis aspal yang digunakan yakni aspal Hot Mix AC BC (Asphalt Congcreed Binder Course).

(Baca Juga : Keciprat DAK Afirmasi Rp8,5 Miliar, Pemda Mubar Buka Jalan Baru Kasimpa Jaya-Sido Makmur)

“Jadi aspalnya ini melalui proses pencampuran panas dan baru diaspal itu paket Lafinde-Maperaha, yang lainnya alan secepatnya menyusul,” jelasnya.

Karimin menjelaskan dalam pekerjaan jalan lingkar atau ring road Kota Laworo ini terdiri dari delapan paket yakni Wuna-Lafinde, Lafinde-Maperaha, Maperaha-Guali, Guali-Lakawoghe, Lakawoghe-Kasakamu, Kasakamu-Wakoila, Wakoila-Waturempe, dan Waturempe-Kelurahan Tiworo.

“Jadi setelah penghamparan lapis fondasi B ini, kita akan melakukan uji ketebalan dan kepadatannya, termasuk kadar airnya. Setelah memenuhi syarat 60 persen kepadatannya, maka dilakukan tahap penghamparan lapis fondasi A,” tuturnya.

(Baca Juga : Proyek Pelebaran Jalan di Mubar Bongkar Puluhan Makam Warga)

Sejauh ini, baru dua paket yang melakukan tahap penghamparan lapisan fondasi A yakni Wuna-Lafinde dan Lafinde-Maperaha sedangkan paket yang lain akan segera menyusul. Keterlambatan penghamparan lapisan fondasi A ini karena pengangkutan dari kapal tongkang menuju ke Muna itu masih sedikit.

Untuk diketahui, anggaran yang disiapkan dalam pembangunan satu jalur jalan ring road Kota Laworo ini sebesar Rp95 miliar dan bersumber dari DAK dan DAU 2019. Sementara, untuk porsi anggaran DAK itu yang akan dikerjakan dari Desa Lafinde-Maperaha senilai Rp 20 miliar. (B)

 


Kontributor : Kasman
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib