iklan zonasultra

Jalur Dua Ring Road Laworo Kembali Diaspal

Jalur Dua Ring Road Laworo Kembali di Aspal
RING ROAD - Pengerjaan jalur dua Ring Road Kota Laworo di Desa Waturempe-Kelurahan Tiworo dalam proses pemadatan LPA, Minggu (30/8/2020). (Kasman/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Jalan lingkar (Ring Road) Kota Laworo yang menjadi ikon dari Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali di aspal. Pekerjaan Ring Road tahun ini adalah jalur dua, yang tahun sebelumnya sudah dikerjakan jalur satu.

Kadis Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Mubar, Karimin mengatakan tahun ini pihaknya kembali melakukan pengerjaan pengaspalan jalur dua di Desa Wuna-Lafinde dan Desa Waturempe-Kelurahan Tiworo. Lanjut dia, kedua paket ini anggarannya bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) berjumlah Rp 6 miliar lebih, dengan rincian masing-masing paket Rp 3 miliar lebih.

“Jadi untuk anggaran tahun ini, kita lakukan pengaspalan dua paket dulu yakni Wuna-Lafinde dan Waturempe-Kelurahan Tiworo. Pengaspalan jalur dua ini dikerjakan masing-masing panjangnya 1 km,” kata Karimin saat dihubungi melalui telepon selulernya, Minggu (30/8/2020).

Sejauh ini, kata Karimin, pengerjaan jalur dua ini sudah dilakukan Lapis Pondasi Agregat kelas B (LPB) dan Lapis Pondasi Agregat kelas A (LPA). Apabila dalam pemadatan sudah memenuhi syarat, maka akan dilakukan pengaspalan dengan menggunakan aspal hotmix.

Kata dia, meski tahun ini pengaspalan jalur dua baru dua kilometer saja. Tetapi keseriusan dan komitmen Bupati Mubar, La Ode M Rajiun Tumada dalam membangun daerah yang dipimpinnya di bidang infrastruktur menjadi yang utama. Sebab infrastruktur menjadi keinginan dan harapan masyarakat untuk meningkatkan perekonomiannya.

“Insyaallah kita (PUPR) kembali akan merencanakan kembali di tahun 2021, agar sisanya jalur dua ini teraspal semua. Jadi sisanya sekitar 25 kilometer lagi. Kita juga belum bisa menjamin berapa kilometer tahun depan akan dikerjakan, semua tergantung di pembahasan anggara nanti. Yang pasti, kita prioritaskan di tahun depan dan ring road ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.

Selain jalur dua Ring Road yang dibangun, Pemkab Mubar juga fokus pada pembangunan infrastruktur jembatan di jalur tersebut. Setidaknya masih ada empat titik jembatan yang bakalan ditingkatkan.

“Empat titik jembatan yang akan ditingkatkan yakni di wilayah Desa Kasakamu, Lemoambo, Wakoila dan Waturempe. Insyaallah tahun 2021 mendatang, semua terealisasi,” tukasnya. (b)

 


Kontributor: Kasman
Editor: Ilham Surahmin

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib